..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..STUDI ANALISIS MATERI PERNIKAHAN DALAM KITAB FATHUL QARIB KARYA SYEKH MUHAMMAD IBN QASIM AL-GHAZI DAN KONSTRIBUSINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN TAMBAHAN DALAM BUKU AJAR MAPEL FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH EDISI 2019

Widodo, Muhammad (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..STUDI ANALISIS MATERI PERNIKAHAN DALAM KITAB FATHUL QARIB KARYA SYEKH MUHAMMAD IBN QASIM AL-GHAZI DAN KONSTRIBUSINYA SEBAGAI PEMBELAJARAN TAMBAHAN DALAM BUKU AJAR MAPEL FIKIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH EDISI 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180360_M.WIDODO_PAI (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Widodo, Muhammad. 2022. Studi Analisis Materi Pernikahan dalam Kitab Fathul Qarib Karya Syekh Ibn Qasim Al-Ghazy dan Konstribusinya sebagai Sumber Belajar Tambahan dalam Buku Ajar Mapel Fikih Kelas XI Madrasah Aliyah Edisi 2019. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci : Pernikahan, Kitab Fathul Qarib, Buku Ajar Fikih

Lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal dalam melaksanakan proses pembelajaran itu tidak lepas dari yang namanya bahan ajar atau materi. Yang dimaksud dengan bahan ajar adalah segala hal bahan yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam proses pembelajaran baik tertulis maupun tidak tertulis. Pada jenjang Madrasah Aiyah, modul/LKS fikih yang diterbitkan oleh KEMENAG itu sumber rujukan materi fikihnya masih kurang serta materi yang diajarkan sangat kompleks, padahal siswa dituntut untuk lebih memahami materi-materi tersebut agar bisa diaplikasikan dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya. Diantara materi fikih yang diajarkan di kelas XI khususnya adalah materi tentang fiqh munakahat/pernikahan. Dalam penyajian materi pernikahan yang ada di modul itu masih umum, padahal di jenjang MA khususnya kelas XI itu rata-rata sudah memasuki usia dewasa sehingga perlu adanya pendalaman materi tentang pernikahan.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan Pokok Bahasan Materi Pernikahan Dalam Kitab Fathul Qarib Karya Syekh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi, (2) Menjelaskan Pokok Bahasan Materi Pernikahan Dalam Buku Ajar Mapel Fikih Kelas XI Madrasah Aliyah Edisi 2019, (3) Menjelaskan Pokok Bahasan Materi Pernikahan Dalam Kitab Fathul Qarib Karya Syekh Muhammad Ibn Qasim Al-Ghazi Memberi Konstribusi Sebagai Sumber Materi Tambahan Dalam Buku Ajar Mapel Fikih Kelas XI Madrasah Aliyah Edisi 2019.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji permasalahan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan- bahan pustaka yang relevan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analsis atau analisis isi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Kitab Fathul Qarib karya Syekh Ibn Qasim Al-Ghazy menjelaskan materi munakahat/pernikahan secara detail yang berbentuk fasal sesuai dengan urutan dalam pernikahan yaitu mulai hal sebelum nikah seperti khitbah/meminang, saat nikah seperti iajb qabul, dan setelah nikah seperti tentang ruju’, (2) Materi munakahat dalam buku ajar mapel fikih kelas XI Madsarah Aliyah Edisi 2019 dalam memaparkannya berbentuk point-point tentang pernikahan sperti pengertian nikah, hukum nikah, syarat dan rukun nikah, mahar, walimah, ijab qabul, namun dalam pemaparannya belum sedetail yang ada di dalam kitab, (3) Terdapat konstribusi antara materi pernikahan yang ada di kitab dengan yang ada di buku yakni dari segi pemaparan materinya yang mana dalam buku ajar itu tidak termuat beberapa materi yang ada di kitab, padahal materi tersebut juga penting untuk dipahami. Materi-materi tersebut yaitu materi hukum gilir dan nusyuz, hak talak suami merdeka, hamba dan lainnya, sumpah ila’, dhihar, qadzf, istibra’, dan hukum nafkah kerabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:35
Last Modified: 21 Jun 2022 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19372

Actions (login required)

View Item View Item