..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTS Tri Bhakti Pagotan Madiun Tahun Ajaran 2021-2022

Suryaningsih, Wiwik (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTS Tri Bhakti Pagotan Madiun Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suryaningsih, Wiwik. 2022. Pengaruh Status Sosial-Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Siswa
terhadap Prestasi Belajar Akidah Akhlak MTs Tri Bhakti Pagotan Madiun. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulandari, M.Si.
Kata Kunci: Status Sosial-Ekonomi, Motivasi, Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah hasil belajar dari siswa yang berbentuk angka, simbol maupun nilai
maupun kalimat yang mencerminkan adanya perubahan yang lebih baik dalam mengikuti proses
pembelajaran, yang dapat menghasilkan perubahan dalam ilmu pengetahuan, sikap, dan
keterampilan dalam setiap siswa. Prestasi belajar memiliki peranan penting dalam proses
pembelajaran, supaya pendidikan memiliki perubahan yang lebih baik setiap tahunnya. Pada
realita sekarang banyaknya prestasi belajar yang rendah, tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan
minimum (KKM) yang sudah ditetapkan, Hal ini dapat terlihat pada rata-rata prestasi belajar pada
pelajaran Akidah Akhlak di Mts Tri Bhakti. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
pada setiap siswa. Adanya faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi prestasi belajar.
Faktor eksternal yang disebabkan dari luar diri siswa, adapun salah satu contohnya merupakan
status sosial ekonomi orang tua. Sedangkan faktor internal yang disebabkan dalam diri siswa, salah
satu contohnya adalah motivasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prestasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas
VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 2) mengetahui status sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII MTs
Tri Bhakti Pagotan; 3) mengetahui motivasi siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan;
4) mengetahui signifikan pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar pada
pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan; 5) mengetahui signifikan pengaruh
motivasi siswa terhadap prestasi belajar pada pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti
Pagotan; 6) mengetahui signifikan pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi terhadap prestasi
belajar Akhidah Akhlak kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan
dengan jumlah 55 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
sampel jenuh karena populasi relatif kecil yaitu kurang dari 100, sehingga seluruh populasi
dijadikan sampel. Adanya instrumen pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi untuk
mencari informasi prestasi belajar Akidah Akhlak yaitu nilai UAS (Ulangan Akhir Semester) dan
menggunakan angket untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua dan motivasi siswa.
Berdasarkan hasil analisis yang ditemukan pada siswa kelas VIII MTs Tri Bhakti Pagotan
bahwa 1) prestasi belajar pelajaran Akidah Akhlak termasuk kategori sedang dengan persentase
75%. 2) status sosial ekonomi termasuk kategori sedang dengan persentase 71%. 3) motivasi siswa
termasuk kategori sedang dengan persentase 75%. 4) status sosial ekonomi berpengaruh signifikan
dengan persentase sebesar 24,7%. 5) motivasi siswa berpengaruh signifikan sebesar 18,1%. 6)
status sosial ekonomi dan motivasi siswa berpengaruh secara signifikan sebesar 32,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulandari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:34
Last Modified: 21 Jun 2022 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item