..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Kesenian Reog (Studi Kasus Paguyuban Seni Reog Mahasiswa Watoe Dhakon IAIN Ponorogo)

Mahardhika Fauzi R., Demas (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Kesenian Reog (Studi Kasus Paguyuban Seni Reog Mahasiswa Watoe Dhakon IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
(e-Thesis) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA KESENIAN REOG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahardhika Fauzi R, Demas. 2022. Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Kesenian Reog (Studi Kasus Paguyuban Seni Reog Mahasiswa Watoe Dhakon IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A

Kata Kunci : Penerapan, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Kesenian Reog
Pagelaran Reog Ponorogo pada umumnya diawali dengan berbagai ritual. Hingga saat ini ritual tersebut masih melekat dan menjadi problem umum pada Seni Reog. Selain ritual, ada penyimpangan lain seperti mabuk-mabukan, edhrekan, tata busana yang tidak menutup aurat dan praktik magis yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat Reog adalah kesenian adiluhung yang dibanggakan oleh masyarakat Ponorogo dan dijadikan pilot project di bidang pariwisata Kabupaten Ponorogo. Untuk itu diperlukan adanya upaya dari seluruh elemen baik masyarakat, lembaga, paguyuban, budayawan, pemerhati dan seniman Reog. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah penerapan nilai-nilai pendidikan Islam pada kesenian Reog. Upaya tersebut sudah dilakukan oleh PSRM Watoe Dhakon IAIN Ponorogo sebagai paguyuban yang beraviliasi pada ajaran agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakteristik kesenian Reog Ponorogo, (2) Mendeskripsikan latar belakang berdirinya PSRM Watoe Dhakon IAIN Ponorogo, (3) Mendeskripsikan bentuk penerapan nilai-nilai pendidikan Islam pada Kesenian Reog di PSRM Watoe Dhakon IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif Miles dan Hubberman berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Karakter kesenian Reog adalah Ponoragan yakni watak daripada masyarakat Ponorogo itu sendiri. (2) Berdirinya PSRM Watoe Dhakon dilatarbelakangi oleh keinginan mahasiswa IAIN Ponorogo untuk mengembangkan minat bakatnya di bidang Seni Reog. Pengembangan tersebut beraviliasi pada nilai-nilai ajaran agama Islam sebagai bentuk tanggapan terhadap problem umum yang melekat pada Seni Reog. PSRM Watoe Dhakon tidak hanya melestarikan Reog melalui tariannya saja, namun juga mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini menjadikan ciri khas dan warna baru bagi kesenian Reog itu sendiri. (3) Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam pada kesenian Reog di PSRM Watoe Dhakon merupakan bentuk penyelarasan kesenian dengan ajaran agama. Sebagai seorang muslim dan mahasiswa IAIN Ponorogo yang beraviliasi pada ajaran agama Islam, PSRM Watoe Dhakon menampilkan Reog dengan corak Islami. Hal ini sangat tampak pada visualisasi tari Reognya meliputi tata busana yang menutup aurat, melantunkan sholawat pada aransmen karawitan, penyelarasan solah tari dengan nilai pendidikan Islam, tidak adanya edhrekan dan penyimpangan lainnya, serta berkeyakinan kepada Allah dengan mengucap bismillah ketika hendak mengangkat Dadhak Merak seberat 60 kilogram lebih. Selain itu PSRM Watoe Dhakon juga membentuk karakter anggotanya yang senafas dengan nilai luhur ajaran Islam. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui pada proses penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di PSRM Watoe Dhakon. Pertama, anggota mengikuti diklat terkait karakter Seni Reog dan kultur Islaminya. Kedua, pembina dan pengurus mengukuhkan anggota sesuai dengan spirit PSRM Watoe Dhakon. Ketiga, pembentukan karakter anggota melalui pembiasaan nilai-nilai pendidikan Islam. Keempat, pembina dan pengurus melakukan pemantauan terkait penerapan nilai-nilai pendidikan Islam dan pembentukan karakter anggotanya guna meminimalisir adanya mismatch.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:33
Last Modified: 21 Jun 2022 03:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item