..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI II SIDOHARJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

Januarista, Kristi (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI II SIDOHARJO WONOGIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180346_KRISTI JANUARISTA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (840kB) | Preview

Abstract

Januarista, Kristi. 2022. Implementasi Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Beajar

Prestasi merupakan hasil yang didapatkan oleh siswa melalui proses pembelajaran. Dalam observasi awal diperoleh informasi bahwa masih ada sebagaian siswa kelas VII yang mendapatkan nilai Pendidikan Agama Islam 70. Padahal Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah motivasi. Faktor eksternalnya salah satunya adalah metode pembelajaran. Seorang guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami oleh siswanya. Maka dari itu, seorang guru harus bijak dalam memilih metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran diantaranya adalah metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). CTL adalah metode pembelajaran yang membantu guru dalam mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata yang dialami oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri tahun ajaran 2021/2022; (2) Mengetahui motivasi belajar siswa di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri tahun ajaran 2021/2022; (3) Mengetahui prestasi belajar siswa di SMP Negeri II Siodharjo Wonogiri Tahun ajaran 2021/2022; (4) Mengetahui signifikansi pengaruh implementasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri; (5) Mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri; (6) Mengetahui signifikansi pengaruh implementasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri II Sidoharjo Wonogiri yang berjumlah 186 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 118 responden. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.
Berdasarkan dari hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Implementasi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022 dalam kategori cukup efektif dengan prosentase 68,5%; (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022 dalam kategori sedang dengan prosentase 77,5% atau; (3) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022 dalam kategori sedang dengan prosentase 68,0%; (4) Implementasi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022; (5) Motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022; (6) Implementasi metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri II Sidoharjo tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:31
Last Modified: 21 Jun 2022 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19368

Actions (login required)

View Item View Item