Implementasi Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo

Meilani, Irma (2022) Implementasi Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs PGRI Selur Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180341_IRMA MEILANI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meilani, Irma. 2022. Implementasi Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MTs PGRI Sekur Ngrayun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Model Discovery Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran Fiqih
Berpikir kritis masih menjadi fenomena krusial dalam kehidupan era 4.0. Dinobatkan sebagai salah satu keterampilan abad 21 memperjelas urgensi penguasaan keterampilan berpikir ini bagi setiap orang. Problematika yang disebabkan oleh perkembangan globalisasi, dimana masuknya segala sesuatu dalam ruang lingkup global terjadi secara instan dan praktis dikonsumsi publik, memperkuat alasan mengapa berpikir kritis ini perlu dibiasakan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Permasalahan sederhana mengenai hal ini adalah mudahnya masyarakat kita termakan berita bohong (hoax), sehingga perlu suatu skill-set berpikir dalam mengolah informasi-informasi yang masuk untuk kemudian dibuat keputusan tindak lanjut terhadap informasi tersebut. Dengan berpikir kritis, seseorang dapat membuat keputusan hidupnya sendiri berdasarkan hasil dari kemerdekaan dalam berpikir. Pada bidang pendidikan, masih diperlukan pembelajaran yang sekiranya mampu merangsang proses berpikir kritis siswa. Begitupun pembelajaran Fiqih di kelas VIII MTs PGRI Selur yang masih pasif, cenderung berpusat pada guru, dan minat belajar siswa yang tergolong rendah, mengakibatkan terhambatnya perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menjelaskan implementasi model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Fiqih materi “Lezatnya Makanan dan Minumanku Halal dan Berkah” di kelas VIII MTs PGRI Selur, dan (2) menjelaskan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran Fiqih materi “Lezatnya Makanan dan Minumanku Halal dan Berkah” di kelas VIII MTs PGRI Selur.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif berupa analisis statistik deskriptif.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) melalui implementasi model discovery learning dalam pembelajaran Fiqih materi “Lezatnya Makanan dan Minumanku Halal dan Berkah”, peneliti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs PGRI Selur Ngrayun Tahun Ajaran 2021/2022 dengan memberikan tindakan perubahan dalam penyampaian materi menggunakan langkah-langkah pembelajaran penemuan, meliputi: pemberian stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi yang sangat membantu peneliti dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis terlihat dengan adanya kenaikan skor observasi aktivitas berpikir kritis siswa di setiap siklus, (2) implementasi model discovery learning pada pembelajaran Fiqih materi “Lezatnya Makanan dan Minumanku Halal dan Berkah” dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs PGRI Selur Ngrayun Tahun Ajaran 2021/2022, terbukti dengan adanya peningkatan sebagai berikut; (a) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada pra siklus sebesar 60,90 meningkat pada siklus I menjadi 67,27, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,81, (b) persentase ketuntasan keterampilan berpikir kritis siswa pada pra siklus yaitu 31,81%, meningkat pada siklus I menjadi 45,45%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:30
Last Modified: 21 Jun 2022 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19366

Actions (login required)

View Item View Item