Kontribusi Budaya Sekolah Dalam Penanaman Nilai-nilai Keagamaan Dan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022

Yusuf, Ahmad Syaifullah (2022) Kontribusi Budaya Sekolah Dalam Penanaman Nilai-nilai Keagamaan Dan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UP PERPUS SKRIPSI AHMAD SYAIFULLAH YUSUF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yusuf, Ahmad Syaifullah.2022. Kontribusi Budaya Sekolah Dalam Penanaman Nilai-nilai Keagamaan dan Kedisiplinan Siswa SMA Negeri 1 Nawangan Pacitan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag
Kata Kunci : Kontribusi Budaya Sekolah, Nilai-nilai Keagamaan, Kedisiplinan.
Sebuah instansi sekolah memiliki tugas yang tidak mudah, karena selain meningkatkan karakter siswa yang sudah ada, juga harus memperbaiki karakter dan sikap siswa yang masih buruk. Hal ini jika melihat fakta di lapangan tidak sepenuhnya tugas tersebut bisa tercapai. Misalnya pada zaman milenial ini terdapat fenomena perkembangan sosial yaitu meningkatnya kenakalan remaja baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Contoh kecilnya yaitu, masuk kelas tidak tepat waktu, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, kurangnya sopan santun siswa terhadap guru, merayakan kelulusan dengan cara yang tidak semestinya, perkelahian antar siswa, atau bahkan tawuran antar sekolah dan berbagai kasus dekadensi moral lainnya. Jika dilihat dari nilai-nilai keagamaan maka yang menjadi permasalahan saat ini adalah kurangnya nilai akidah, akhlak, ibadah, dan iman para siswa. Oleh karena itu lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi untuk pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam membentuk kepribadian siswa melalui peningkatan intensitas dan kualitas pendidikan karakter. Hal tersebut sebaiknya juga di imbangi dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa, sehingga nantinya siswa selain bisa meningkatkan kedisiplinan, juga dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menjelaskan bagaimana kontribusi pembiasaan membaca al-Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Nawangan. 2) Untuk menjelaskan bagaimana kontribusi pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Nawangan. 3) Untuk menjelaskan bagaimana kontribusi pembiasaan sholat dhuhur berjamaah dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Nawangan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles, Huberman, dan Saldana yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclusion.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi kegiatan pembiasaan tadarus al-Qur’an pra pembelajaran sangat penting dan secara signifikan dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan kedisiplinan siswa SMA Negeri 1 Nawangan. 2) Kontribusi pembiasaan sholat dhuha sangat berperan aktif dalam meningkatkan nilai religius seorang siswa. Peran dari pembiasaan sholat dhuha kepada siswa ini tentunya membawa dampak yang sangat positif bagi mereka. Siswa menjadi lebih rajin dan gemar dalam beribadah baik wajib maupun sunnah. Akan tetapi sholat dhuha belum mampu secara signifikan meningkatkan kedisiplinan siswa. 3) Kontribusi kegiatan sholat dhuhur berjamaah dalam penanaman kedisiplinan dan nilai-nilai keagamaan siswa SMA Negeri 1 Nawangan yaitu sebagai pendorong kedisiplinan dalam beribadah. meningkatkan kualitas keagamaan dan akhlak siswa. Hal ini bisa dibuktikan oleh antusiasme keikutsertaan siswa dalam kegiatan pembiasaan sholat dhuhur ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:21
Last Modified: 21 Jun 2022 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19362

Actions (login required)

View Item View Item