..(PERBAIKI REDAKSI PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI DENGAN FORM DI WEBSITE, UPLOAD ULANG)..Pembentukan Karakter Religius Pada Anggota Tari Sufi UKM UKI Ulin Nuha Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

wahyuni condroningrum, Nur (2022) ..(PERBAIKI REDAKSI PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAI DENGAN FORM DI WEBSITE, UPLOAD ULANG)..Pembentukan Karakter Religius Pada Anggota Tari Sufi UKM UKI Ulin Nuha Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180407_NUR WAHYUNI CONDRONINGRUM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Condroningrum, Nur Wahyuni. 2022. Pembentukan Karakter Religius Melalui Tari Sufi Pada Anggota UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag.
Kata kunci: Pembentukan karakter, Karakter Religius, Tari Sufi, UKM, UKI Ulin Nuha

Karakter religius merupakan hal yang sangat penting untuk dibentuk bagi setiap individu di era milenial. Adanya hal tersebut berguna untuk membentuk akhlak yang baik di masyarakat sekitar. Dalam proses pembentukan dapat dilakukan melalui berbagai lembaga baik lembaga formal, non formal maupun infrormal. Di lingkungan Kampus IAIN Ponorogo juga sangat dibutuhkan tempat yang dapat mewadahi dalam membentuk Mahasiswa yang berakhlak mulia dan berbudi luhur. Pembentukan Karakter religius merupakan sebuah upaya dalam pengamalan yang nyata dan terwujud dalam sikap yang ditunjukkan dalam sehari-hari seorang individu sesuai dengan ajaran agama Islam. Unit Kegiatan ke-Islaman Ulin Nuha merupakan salah satu unit kegiatan yang terdapat berbagai kegiatan islami dan berunsur religius, salah satunya yaitu kegiatan tari sufi yang bisa menjadi solusi pembentukan karakter pada anggota tari sufi yang mencakup nilai iman, ibadah dan akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan tari sufi di Unit Kegiatan Mahasiswa UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo (2) Menjelaskan pembentukan karakter religius melalui tari sufi pada anggota UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengamati, interaktif model milik Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan (1) Pelaksanaan kegiatan tari sufi di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo dimulai dari tahap perencanaan yaitu dengan menentukan tujuan kegiatan, hari dilaksanakan, tempat pelaksanaan dan menyusun jadwal kegiatan tari sufi. Tahap pelaksanaan kegiatan tari sufi yang dimulai dari pembukaan hingga penutupan kegiatan tari sufi. Tahap evaluasi kegiatan tari sufi dilakukan setelah penutupan kegiatan dengan mengukur tingkat keberhasilan dan jalannya kegiatan. (2) Pembentukan karakter religius melalui tari sufi pada anggota UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo mencakup nilai keimanan, nilai ibadah dan nilai akhlak. Nilai keimanan yakni mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berdzikir dan bersholawat kepada Allah dan Rasulullah. Nilai ibadah yakni meningkatkan ibadah mahdah dan ghairu mahdah. Dan nilai akhlak yakni memperbaiki akhlak kepada Allah dengan cara tunduk dan patuh atas perintah dan larangannya, membentuk akhlak yang baik kepada Guru dengan berperilaku sopan dan tawadhu, menanamkan akhlak yang baik kepada diri sendiri, kepada keluarga, dan sesama Muslim dengan rendah hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:20
Last Modified: 21 Jun 2022 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19361

Actions (login required)

View Item View Item