Komparasi Penggunaan Alat Peraga Jaring-jaring Makanan terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di MI Ma'arif Ngrupit.

Sari, Aprilia Gita Puspita (2022) Komparasi Penggunaan Alat Peraga Jaring-jaring Makanan terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di MI Ma'arif Ngrupit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180014_Aprilia Gita Puspita Sari_Pgmi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Aprilia Gita Puspita. 2022. Komparasi Penggunaan Alat Peraga Jaring-jaring Makanan terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Minat Belajar, Siswa yang menggunakan alat peraga, Siswa yang tidak menggunakan alat peraga.
Minat adalah rasa suka dan perhatian seseorang terhadap sesuatu, baik itu orang, objek, atau aktivitas yang membuatnya merasa nyaman, merasa terhubung dan memberikan perhatian penuh. Pada mata pelajaran yang mereka sukai tanpa ada yang menyuruh. Minat erat berkaitan dengan perasaan, terutama kesenangan, karena minat dapat dikatakan muncul sebagai akibat dari sikap senang terhadap sesuatu. Orang yang peduli terhadap sesuatu berarti sikapnya berminat dengan sesuatu itu.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui minat belajar IPA siswa kelas V yang menggunakan media alat peraga di MI Ma’arif Ngrupit. 2) Mengetahui minat belajar IPA siswa kelas V yang tidak menggunakan media alat peraga di MI Ma’arif Ngrupit. 3) Mengetahui adanya perbedaan minat belajar IPA antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media alat peraga pada siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit.
Dalam skripsi penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Ma’arif Ngrupit dengan jumlah populasi 50 siswa kelas V, dan jumlah sampelnya adalah 50 menggunakan taraf signifikansi 5%. Untuk menentukan siapa yang akan menjadi 50 siswa sebagai sampel penelitian. Peneliti menggunakan teknik sampel penelitian simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert dengan skor 1-4. Teknik Analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji t secara manual dengan nilai t0 = 3,44900 dan ttabel = 1,67722, dimana t0 lebih besar dari ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa MI Ma’arif Ngrupit antara yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga. Kemudian dari rata-rata minat belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan alat peraga termasuk kategori sedang yang memiliki persentase 40 dan 16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:59
Last Modified: 21 Jun 2022 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item