..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR IPA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA KELAS V DI SDN 1 SURODIKRAMAN

Afifah, Maya (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR IPA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA KELAS V DI SDN 1 SURODIKRAMAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180072 MAYA ZAHROTUL AFIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afifah, Maya Zahrotul. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Dasar IPA Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Kelas V Di SDN 1 Surodikraman. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M. Pd
Kata Kunci : Kesulitan, Belajar, adversity quotient, IPA
Kesulitan belajar menjadi problematika yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Kesulitan belajar dalam memahami konsep dasar IPA di SDN 1 Surodikraman disebabkan kurangnya respon peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Selain itu disebabkan dari usaha keras peserta didik dalam proses memahami konsep dasar IPA. Sehingga perlu diketahui bentuk-bentuk kesulitan yang dialami peserta didik berdasarkan pada adversity quetient.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik quitter V di SDN 1 Surodikraman, (2) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik camper V di SDN 1 Surodikraman dan (3) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik climber V di SDN 1 Surodikraman
Pendekatan penelitian ini kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan study kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar angket respons profile (ARP), lembar tes pemahaman konsep dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang langkah-langkahnya terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peserta didik yang berkategori AQ quitter mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat tertentu, mengembangkan syarat perlu dan syarat khusus dan mengaplikasikan konsep konsep atau algoritma pemecahan masalah. (2) Peserta didik yang berkategori AQ camper mengalami menyatakan ulang konsep, kesulitan dalam mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat tertentu, memberikan contoh dan non contoh serta mengembangkan syarat perlu dan syarat khusus. (3) peserta didik yang berkategori AQ climber mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan konsep konsep atau algoritma pemecahan masalah. Adapun penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik diatas dikarenakan kurangnya pengawasan belajar dari orang tua, kondisi fisik dan psikis peserta didik dan juga lingkungan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:58
Last Modified: 21 Jun 2022 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19355

Actions (login required)

View Item View Item