..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWATIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPN 5 PONOROGO

Sugiarti, Rita (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TILAWATIL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPN 5 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180194_Rita Sugiarti_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya anak zaman sekarang ini khususnya pelajar dalam kemampuan membaca Al-Qur’an masih kurang. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat anak terhadap hal yang berbau agama serta kurangnya dukungan dari orang tua. Adanya realitas ini, lembaga pendidikan dituntut untuk menyediakan kegiatan positif di luar jam pembelajaran di kelas yang dapat dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang siswa sekaligus mengembangkan bakat, minat serta potensi yang dimiliki oleh siswa, agar mampu meminimalisir angka dalam hal kurangnya kemampuan membaca Al-Qur’an. Implementasi program kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi salah satu solusi, adanya kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an dengan pelatihan yang dilakukan secara konsisten diharapkan dapat mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an menjadi meningkat. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, (2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, (3) Implikasi program tilawatil Qur’an terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus, penelitian ini juga menggunakan penelitian lapangan serta teknik pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, siswa yang mengikuti tilawatil Qur’an, pembimbing tilawatil Qur’an serta Guru Pendidikan Agama Islam. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahap yaitu kondensi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMPN 5 Ponorogo yaitu sangat memprihatinkan. Dikarenakan siswa tersebut dahulunya lulusan sekolah yang berbasis sekolah umum. Jadi siswa kurang mendapatkan pembelajaran membacaAl-Qur’an. Sehingga siswa tidak dapat melafadzkan makhārijul ħurūf, tidak mengenal şifātul ħurūf, ahkāmul ħurūf dan kurang memahami Al-Qur’an. (2) Pada pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tilawatil Qur’an ini meliputi pendaftaran siswa, perizinan Kepala Sekolah, pengadaan pelatih tilawatil Qur’an, penjadwalan, perencanaan, metode, materi, cara khusus, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuller tersebut. (3) Pada implikasi program tilawatil Qur’an terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qut’an yaitu diantaranya siswa menjadi semakin lancar dalam membaca Al-Qur’an. Karena dengan tilawatil Qur’an siswa dapat mengulang-ulang membaca Al-Qur’an dan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar. Serta siswa juga dapat memahami kandungan Al-Qur’an. Selain itu, siswa juga dapat mengerti lagu-lagu tilawatil Qur’an dan memahami ilmu tajwid

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:57
Last Modified: 21 Jun 2022 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item