Persepsi Santrwati Tentang Pendidikan Seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mengunsuman Siman Ponorogo)

Afifah, Qorina Khoirul (2022) Persepsi Santrwati Tentang Pendidikan Seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mengunsuman Siman Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180415_QORINA KHOIRUL AFIFAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khoirul Afifah, Qorina. 2022. Persepsi Santriwati Tentang Pendidikan Seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r (Penelitian Kualitatif di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Pendidikan seks, Kitab Fath}ul Iza>r, Pondok Pesantren Al-Barokah.
Pendidikan mengenai seks merupakan hal yang perlu dipelajari oleh seseorang khususnya santri yang berada dipondok pesantren yang dipandang lebih oleh masyarakat. Banyaknya kasus perceraian, kekerasan dalam rumah tangga salah satunya disebabkan karena kurangnya pemahaman seseorang mengenai pendidikan seks. Pendidikan seks perlu dipelajari karea dengan pendidikan tentang seks secara teori islami mempunyai nilai positif salah satunya yaitu membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Kitab Fath}ul Iza>r adalah kitab yang berisi mengenai masalah perkawinan dalam rumah tangga yang mencakup permasalahan melakukan hubungan intim.
Penulis akan membahas yang berkaitan dengan Persepsi Santriwati Tentang Pendidikan Seks melalui pembelajaran Kitab Fath}ul Iza>r yang bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r yang dikembangkan di Pondok Pesantren al-Barokah Mengunsuman Siman Ponorogo. 2) mendeskripsikan implikasi pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r yang dikembangkan, terhadap persepsi santriwati tentang pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. 3) mendeskripsikan implikasi persepsi santriwati tentang pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r terhadap kesiapan menikah di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian field research (lapangan), sedangkan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data, penulis menggunakan analisis interaktif dengan tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Dari hasil penelitian ini adalah 1) Pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r yang dikembangkan di Pondok Pesantren al-Barokah Mengunsuman Siman Ponorogo berjalan dengan baik dan rutin dilaksanakan setiap hari rabu sore dengan menggunakan metode bandongan. 2) Implikasi pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r yang dikembangkan, terhadap persepsi santriwati tentang pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo dapat menjadi ilmu dasar atau pengetahuan awal yang bisa membantu dan mewujudkan kehidupan berumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrohwah dan barokan, meskipun pendidikan seks terdengar tabu, namun hal tersebut layak dijadikan edukasi bagi pasangan yang belum menikah. 3) Implikasi persepsi santriwati tentang pendidikan seks dalam Kitab Fath}ul Iza>r terhadap kesiapan menikah di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo sangat memberikan peran yang begitu besar. Sebab dengan pembelajaran tersebut santri memperoleh bekal ketika kelak akan membina suatu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:55
Last Modified: 21 Jun 2022 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item