Manajemen Program Pendidikan Inklusi dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Pujiastuti, Erni (2022) Manajemen Program Pendidikan Inklusi dalam Pengembangan Bakat dan Minat Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
206180088_ERNI PUJIASTUTI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pujiastuti, Erni. 2022. Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Pengembangan Bakat Minat Siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Inklusi, Pengembangan Bakat Minat Siswa

Pendidikan menjadi hak dasar bagi setiap warga negara Indonesia, tidak terkecuali bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Dengan perkembangan zaman saat ini, khususnya pada dunia kerja softskill lebih penting dari pada kecerdasan intelektual. Nilai akademik yang tinggi tanpa adanya keterampilan akan menjadikan individu tidak dapat bersaing dalam dunia kerja. Softskill dapat digali dan dikembangkan melalui pengembangan bakat minat atau di lembaga pendidikan biasa disebut dengan ekstrakurikuler atau intrakurikuler.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui, dan memahami (1). Perencanaan pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2). Pelaksanaan pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (3). Evaluasi pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Untuk menjawab permasalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam wawancara yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, dan guru penanggungjawab. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Perencanan pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa melalui beberapa tahapan sehingga dapat mempermudah dalam pelaksanaan program kegiatan serta meminimalisir adanya hambatan. Proses perencanaan pengembangan bakat minat yang dilakukan di sekolah inklusi melalui beberapa tahapan dan melibatkan peran dari guru. Adapun hasil dari perencanaan yaitu berbagai program kegiatan pengembangan bakat minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Terdapat ekstrakurikuler wajib yaitu HW (Hisbul Wathan) dan ekstrakurikuler pilihan, seperti muhadloroh, program tahfidz, futsal, bola voly, tapak suci, (2). Pelaksanaan pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa melalui bentuk program yang ada yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler (wajib dan pilihan). Pelaksanaan ini dilakukan di setiap awal tahun pelajaran, yang di mulai dengan pendataan mengenai bakat minat siswa, inventaris keadaan saat ini, serta faktor pendukungnya. Namun untuk program pilihan bagi siswa berkebutuhan khusus hanya difokuskan pada kegiatan muhadloroh dan program tahfidz, (3). Evaluasi pendidikan inklusi dalam pengembangan bakat minat siswa dilakukan di setiap akhir semester. Namun untuk evaluasi dari pelaksanaan program melalui penilaian langsung mengenai hasil pelaksanaan kegiatan. Penilaian dilakukan berdasarkan absensi atau kehadiran siswa, dan ketertiban siswa. Hasil dari pelaksanaan pengembangan bakat minat siswa banyak program kegiatan yang tidak terlaksana, karena terdapat beberapa hambatan diantaranya adanya pandemi covid-19 sehingga mengurangi alokasi waktu dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga dalam pelaksanaannya kurang maksimal. Kedisiplinan siswa menurun hal ini dapat dilihat dari daftar hasil setiap pelaksanaan program kegiatan. Dibalik adanya hambatan tersebut pastinya ada faktor pendukung yaitu berasal dari sumber daya manusia yang ada di madrasah. Hal ini karena guru penanggung jawab yang lebih banyak berinteraksi dengan siswa selama pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:32
Last Modified: 21 Jun 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item