..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KONSEP SEDEKAH SYIFAUR RAHMAH

Wibowo, Asrizal Septi (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG).. NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KONSEP SEDEKAH SYIFAUR RAHMAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ASRIZAL SKRIPSI A4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam konsep sedekah Syifaur Rahmah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya arus globalisasi dimana segala bentuk informasi bisa diakses dengan begitu mudahnya, tidak hanya yang positif saja namun yang negatif juga bisa diakses sehingga membawa pengaruh yang besar terhadap akhlak anak. Anak-anak cenderung mengamati sesuatu yang mereka lihat kemudian melakukan sesuai dengan apa yang mereka lihat tak terkecuali hal negatif itu tadi. Banyaknya kasus mengenai krisis akhlak yang terjadi belakangan adalah bukti dari hal tersebut. Mudahnya era bukan berarti pengawasan untuk anak juga dikendorkan, sudah seharusnya seorang anak mendapatkan pengawasan, pengarahan dan bimbingan sebagai bentuk kasih sayang serta demi kebaikan si anak.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT yang terdapat pada konsep sedekah menurut Syifaur Rahmah. (2) memaparkan nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia yang terdapat pada konsep sedekah menurut Syifaur Rahmah.
Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau library research dengan deskriptif kualitatif dan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya disertai analisis mendalam mengenai isi informasi yang ada pada sumber data yang diperoleh mengenai nilai-nilai pendidikan dalam konsep sedekah Syifaur Rahmah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data yang diperoleh dalam buku, jurnal, media massa dan penelitian terdahulu.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa sedekah menurut Syifaur Rahmah itu harus ada pemberian dan keikhlasan. Nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT dalam sedekah Syifaur Rahmah diantaranya, mengontrol diri agar tenang, tentram, mendapat perlindungan dari Allah SWT, disiplin, jujur, sabar, peka sosial, sederhana, istiqamah, mendapat syafaat ketika kiamat, terjaga dari sifat hasud, cemas, khawatir dan syahwat. Nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusa dalam sedekah Syifaur Rahmah diantaranya, peduli sesama, menghormati sesama, ikhlas membantu sesama, rendah hati, sabar, menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain, menciptakan perdamaian, dan selalu berbuat kebaikan serta menjauhi keburukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:52
Last Modified: 21 Jun 2022 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item