Upaya Menumbuhkan Kemandirian Remaja Melalui Pola Asuh Orang Tua (Studi Kasus Keluarga Buruh Tani Di Ngengor Pilangkenceng Madiun)

Pazira, Pipit Lia (2022) Upaya Menumbuhkan Kemandirian Remaja Melalui Pola Asuh Orang Tua (Studi Kasus Keluarga Buruh Tani Di Ngengor Pilangkenceng Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180177_PIPIT LIA PAZIRA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam mengasuh anak-anaknya. Orang tua memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda, sehingga pola asuh yang diterapkan pun juga berbeda. Orang tua yang bekerja sebagai buruh tani memiliki cara tersendiri dalam mengasuh anak remajanya. Disamping bekerja disawah, para orang tua tetap memperhatikan anak di rumah. Pada usia remaja sikap yang mengalami perkembangan adalah sikap kemandirian. Bentuk kemandirian diantaranya adalah kemandirian intelektual dan sosial. Kemandirian pada diri anak dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya lingkungan dan pola asuh orang tua. Dalam usia ini anak mulai dilatih mewujudkan sikap mandiri, disiplin, bertanggung jawab.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kemandirian intelektual dan sosial remaja dalam keluarga buruh tani di Ngengor Pilangkenceng Madiun (2) Mengetahui upaya menumbuhkan kemandirian remaja melalui pola asuh orang tua dalam keluarga buruh tani di Ngengor Pilangkenceng Madiun (3) Untuk mengetahui dampak pola asuh orang tua dalam keluarga buruh tani terhadap kemandirian remaja di Ngengor Pilangkenceng Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Desa Ngengor Pilangkenceng Madiun. Narasumber pada penelitian ini adalah orang tua dari keluarga buruh tani beserta anak remajanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi.
Dalam penelitian ini ditemukan : (1) Kemandirian intelektual dan sosial remaja dalam keluarga buruh tani di Ngengor Pilangkenceng Madiun ditunjukkam melalui beberapa sikap diantaranya: mudah bersosialisasi, suka membantu orang lain, dan dapat mengambil keputusan yang baik. (2) Upaya menumbuhkan kemandirian remaja melalui pola asuh orang tua dalam keluarga buruh tani di Ngengor Pilangkenceng Madiun dilakukan dengan berbagai upaya. Jenis pola asuh yang digunakan adalah pola asuh demokratis dan otoriter. Remaja diberikan kebebasan disertai peraturan agar anak bertindak sesuai norma yang berlaku. (3) Dampak pola asuh orang tua terhadap kemandirian remaja di Ngengor Pilangkenceng Madiun membuat anak lebih mudah untuk bersosialiasi dengan lingkungan. Anak menjadi lebih aktif, terbuka, dan peduli terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: WARIS
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:30
Last Modified: 21 Jun 2022 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item