..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Usia Dini Dalam Pengembangan Nilai-nilai Pendidikan Islam Di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Yasini, Ayu Safira (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Usia Dini Dalam Pengembangan Nilai-nilai Pendidikan Islam Di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (Ethesis)_201180284_AYU SAFIRA YASINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yasini, Ayu Safira. Persepsi Masyarakat Terhadap Pernikahan Usia Dini Dalam Pengembangan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keaguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Pernikahan Usia Dini, Pendidikan Islam

Fenomena pernikahan usia dini menimbulkan kontroversi dikalangan masyarakat. Begitu juga dengan pernikahan dini yang terjadi di Desa Sukorejo Kecamatan Ponorogo adanya beberapa faktor-faktor yang melatarbelakangi. Adanya pasangan di Desa Sukorejo yang menikah dalam keadaan masih sekolah, sehingga jenjang pendidikannya terhenti akibat pernikahan di usai dini yang dilakukan. Bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda bahwa pernikahan dini lebih banyak menimbulkan dampak negatif dari pada pemanfaatannya. Pernikahan dini juga mempengaruhui dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan Islam terhadap anak.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana persepsi masyarakat terhadap pernikahan usia dini di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai faktor yang mendorong terjadinya pernikahan usia dini di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, 3) untuk mengetahui faktor dan mendeskripsikan dampak dari pernikahan usia dini dalam pengembangan nilai-nilai pendidikan islam di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. skripsi ini menggambarkan beberapa data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, observasi, maupun dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Dari pengumpulan data tersebut menggunakan metode deskriptif analisis yaitu model Miles, Huberman dan Saldana. Komponen dari model tersebut yang meliputi proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. Sehingga dengan proses semacam itu, dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban dan pernyataan diatas.
Berdasarkan hasil penelitian beberapa temuan dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadaap pernikahan usia dini di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo yaitu 1) Sebagian masyarakat mengatakan kurang setuju dengan dilakukannya pernikahan dini karena banyaknya kelemahannya dibandingkan kelebihannya, 2) Namun ada juga masyarakat yang setuju dan mengatakan boleh-boleh saja dengan seseorang yang melakukan menikah di usia yang sangat muda, karena dalam agama tidak adanya larangan dari usia pernikahan. Adapun faktor yang mempengaruhi pernikahan dini di Desa Sukorejo ada 3 yaitu: 1) tingkat ekonomi yang rendah, 2) faktor pendidikan orangtua, 3) dan faktor pergaulan bebas. Dampak pernikahan dini dalam pengembangan pendidikan agama Islam terbagi ata 2 yaitu: 1) dampak positif, 2) dampak negatif. Dampak positif yaitu 1) menghindari dari zina 2) belajar bertanggungjawab. Dan adapun nilai-nilai pendidikan agama Islam terhadap pendidikan anak di Desa Sukorejo yaitu: 1) Keimanan, 2) Pendidikan Ibadah, 3) Pendidikan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:24
Last Modified: 21 Jun 2022 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item