Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Urgensi Uji Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ngawi)

Intan Komara, Adela (2022) Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Urgensi Uji Kompetensi Guru (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL A.I.K 201180249.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Komara, Adela Intan. 2022. Persepsi Guru PAI Tentang Urgensi Uji Kompetensi Guru (Studi Kasus di MAN 1 Ngawi). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Persepsi, Urgensi, Uji Kompetensi Guru

Dalam dunia pendidikan yang berperang penting dalam kesuksesan tujuan pendidikan yaitu guru, untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang baik maka harus memiliki pendidik yang berkompeten dan profesional dibidangnya. Di Indonesia populasi guru sangat banyak, tetapi tidak semua guru kompeten dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Undang-Undang no 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, pemerintah mengeluarkan program pemerintah yaitu Uji Kompetensi Guru, dimana Uji Kompetensi Guru ini mampu mengetahui kualitas kompetensi yang ada pada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui pelaksanaan Uji Kompetensi Guru PAI yang ada di MAN 1 Ngawi, kedua mengetahui persepsi guru PAI tentang Uji Kompetensi Guru di MAN 1 Ngawi, ketiga untuk mengetahui dampak yang terjadi setelah melakukan Uji Kompetensi Guru.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Studi kasus dalam penelitian ini dilaksanakan di MAN I Ngawi.
Penelitian ini ditemukan (1) pelaksanaan Uji Kompetensi Guru bagi guru PAI di MAN 1 sudah dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku dan diikuti oleh guru yang telah menerima sertifikat guru profesional sebagai bentuk pengembangan kompetensi. (2) persepsi guru PAI tentang pentingnya Uji Kompetensi Guru sangat penting diikuti sebagai bentuk meningkatan kualitas dan kompetensi. (3) dampak Uji Kompetensi Guru terhadap profesionalisme guru PAI di MAN 1 Ngawi sangat mempengaruhi dalam mengajar dan mendidik peserta didik dan kualitas mengajar guru lebih baik dan meningkat. Kualitas dan kompetensi yang dimiliki guru memberikan output yang baik bagi siswa. Terbukti dengan baknyak lulusan Man 1 Ngawi yang melanjtkan diperguruan tinggi ternama dan banyak siswa mendapat kejuaraan di perlombaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:21
Last Modified: 21 Jun 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19327

Actions (login required)

View Item View Item