Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Materi Pokok Pecahan Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari

Listiyaningsih, Febriana Nur Ike Ayu (2022) Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Materi Pokok Pecahan Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180051_FEBRIANANURIKEAYU_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Listiyaningsih, Febriana Nur Ike Ayu. Penggunaan Alat Peraga Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Materi Pokok Pecahan Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata Kunci: Alat Peraga, Papan Pecahan, Pemahaman Matematika.
Matematika merupakan ilmu yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi. Meskipun memiliki kedudukan yang penting, namun fakta di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika masih banyak kendala. Seperti halnya yang dikatakan oleh ibu Anissa salah satu wali kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari, ada beberapa kendala yang dihadapi saat melaksanakan pembelajaran khususnya pada materi pecahan. Sebagian besar siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa kesulitan dalam mengerjakan soal cerita yang berhubungan dengan mengurutkan pecahan karena langkah-langkah pengerjaan yang panjang maupun rumus yang digunakan banyak, siswa lebih cepat lupa materi karena pemahaman konsep yang kurang sehingga berpengaruh terhadap hasil akhir belajar. Selain itu, penggunaan media maupun alat peraga juga kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan pemahaman matematika antara kelas yang menggunakan alat peraga papan pecahan dengan kelas yang tidak menggunakan alat peraga papan pecahan pada Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari, 2)mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman matematika siswa pada materi pokok pecahan pada kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Kelas pertama menggunakan alat peraga papan pecahan dan kelas kedua tidak menggunakan alat peraga papan pecahan kemudian dilakukan post-tes.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, terdapat perbedaan pemahaman yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Terdapat peningkatan pemahaman matematika setelah menggunakan alat peraga papan pecahan pada siswa kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata yang diperoleh, kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 76, 67 sedangkankelas kontrol 53, 81. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pemahaman matematika siswa yaitu faktor internal dan eksternal. yang termasuk dalam faktor internal adalah motivasi siswa dan penggunaan alat peraga serta cara mengajar guru termasuk dalam faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:20
Last Modified: 21 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19326

Actions (login required)

View Item View Item