Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Panjeng Jenangan Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan

Karim, Luqyana (2022) Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif Panjeng Jenangan Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Terhadap Lembaga Pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 206180033 UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Karim, Luqyana. 2022. Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo dalam Meningkatkan Minat Mayarakat terhadap Lembaga Pendidikan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Promosi, Minat Masyarakat

Pendidikan sudah harus benar-benar di perhatikan dan dikelola secara profesional, dikarenakan banyaknya persaingan Sumber Daya Manusia serta adanya persaingan infrastruktur dengan lembaga pendidikan yang lain. Dalam memasarkan jasa pendidikan promosi merupakan salah satu bauran yang sangat penting karena didalamnya berperan sebagai pemberi informasi yang dibutuhkan, membujuk sasaran konsumen serta mendorong mereka untuk membeli tawaran jasa tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis strategi penentuan target market sebagai dasar untuk mendesain bauran promosi di MI Ma’arif Panjeng Jenangan, (2) mengetahui dan menganalisis desain promosi dalam meingkatkan minat masyarakat terhadap lembaga pendidikan di MI Ma’arif Panjeng Jenangan, (3) mengetahui dan menganalisis dampak bauran promosi yang diterapkan oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber data Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Tenaga Pendidik, Wali Murid (Masyarakat) serta beberapa siswa dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawanacara, observasi, serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dalam menentukan target market terdapat 4 hal, yaitu 1) pendekatan pemasaran tanpa diferensiasi, dan analisis perilaku konsumen dimana dalam hal ini dipengaruhi oleh faktor sosial dan faktor psikologis, selanjutnya menetapkan positioning dengan mengangkat brand “bersetifikasi UMMI” dan menetapkan direfensiasi MI Ma’arif Panjeng Jenangan memiliki program mengaji UMMI yang setiap tahunnya dilakukan pra munaqosyah, munaqosyah, lalu khataman serta mendapatkan sertifikat UMMI bagi yang telah mengkhatamkan 30 jus, meskipun begitu target marketnya tetap semua masyarakat baik dari kalangan nahdliyyin maupun dikalangan lainnya. 2) bauran promosi yang diterapkan oleh MI Ma’arif Panjeng Jenangan yaitu periklanan yang dilakukan secara online di facebook, instagram, youtube, website. Komunikasi personal diterapkan melalui sosialisasi ke Taman Kanak-Kanak. Materi instruksional dimana didalamnya semua materi yang digunakan untuk melakukan promosi telah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh calon pengguna jasa. Serta desain organisasi dimana lembaga tersebut dikemas sesuai dengan karakteristik lembaga ma’arif dibawah naungan Nahdlatul Ulama. 3) dampak penerapan strategi promosi yaitu terciptanya citra positif oleh masyarakat sehingga berdampak pada bertambahnya jumlah calon peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:17
Last Modified: 21 Jun 2022 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item