Pola Komunikasi Efektif Pendidik dan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jetis Ponorogo

Rahmawati, Elyana Ika (2022) Pola Komunikasi Efektif Pendidik dan Peserta Didik dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
etheses--SKRIPSI 201180071 ELYANA IKA RAHMAWATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi efektif merupakan jembatan penghubung antara pendidik dan peserta didik saat kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan dari Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh hingga akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pendangan hidup. SMPN 1 Jetis Ponorogo merupakan salah satu sekolah favorit yang telah melaksanakan pembelajaran secara luring pasca pandemi Covid-19 yang memiliki misi mengoptimalkan proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran adalah dengan membangun komunikasi efektif di kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip komunikasi efektif pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jetis Ponorogo, serta untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi komunikasi efektif pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari Penelitian ini adalah (1) Komunikasi efektif antara pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Jetis Ponorogo menerapkan prinsip-prinsip komunikasi efektif yaitu prinsip respek, empati, penyampaian materi yang dapat didengar, jelas, dan penyampaian materi dengan rendah hati oleh guru. Selain itu dalam menyampaikan materi guru juga menerapkan prinsip yang ada di dalam Al-Qur’an yaitu qawlan sadidan, qawlan balighan, qawlan maysuran, qawlan layyinan, qawlan kariman, dan qawlan ma’rufan. Indikator komunikasi efektif yang muncul dalam komunikasi antara pendidik dan peserta didik adalah dapat menimbulkan pengertian, kesenangan, mempengaruhi sikap, memperbaiki hubungan, dan tindakan. Dalam berkomunikasi dengan peserta didik guru menggunakan pola komunikasi banyak arah. Penggunaan komunikasi verbal yang jelas serta nonverbal menjadi penguat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. (2) Faktor-faktor penghambat komunikasi efektif adalah suasana kelas yang tidak kondusif, tidak adanya timbal balik dari beberapa siswa, perbedaan karakter, kemampuan, dan latar belakang peserta didik, terdapat peserta didik yang mengobrol saat kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung, dan peserta didik yang kurang terbuka sehingga kurang berani berpendapat. Faktor pendukungnya adalah media pembelajaran yang lengkap, suasana kelas yang kondusif, pembelajaran yang diselingi humor, dan terdapat penguatan materi. Selain itu guru di SMPN 1 Jetis Ponorogo mengikuti MGBS (Musyawarah Guru Bidang Studi) yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafi'ati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:27
Last Modified: 21 Jun 2022 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item