PELAKSANAAN KEGIATAN KAJIAN KEISLAMAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA REMAJA KARANG TARUNA GUNUNG TUGEL COMMUNITY (GTC) DI DUKUH KRAJAN DESA BAOSAN LOR NGRAYUN

Dinata, Rohma (2022) PELAKSANAAN KEGIATAN KAJIAN KEISLAMAN DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA REMAJA KARANG TARUNA GUNUNG TUGEL COMMUNITY (GTC) DI DUKUH KRAJAN DESA BAOSAN LOR NGRAYUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180428_Rohma Dinata_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dinata, Rohma. 2022. Pelaksanaan Kegiatan Kajian Keislaman Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Remaja Karang Taruna Gunung Tugel Community (GTC) Di Dukuh Krajan Desa Baosan Lor Ngrayun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karang taruna, Karakter religius, Kajian keislaman, Remaja

Berbicara mengenai masa depan bangsa sangatlah penting karena ditentukan oleh generasi muda bangsa ini. Dan kata pemuda tidaklah asing bagi kita, karena pemuda adalah sosok cerminan ataupun panutan sebagai tumpuan masa depan. Sesunguuhnya pemuda yakni garis yang terdepan dalam menolak kolonial dan memprokalmasikan kemerdekaan Indonesia. Aktivitas atau kegiatan yang telah diadakan oleh pemuda sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, apalagi seorang pemuda dapat ditinjau dari segi keahlian, kualitas dan penerapannya sehingga mampu membawa bangsa yang lebih baik lagi. Dalam penelitian ini peneliti telah melihat bahwa karang taruna Gunung Tugel Community Dukuh Krajan Desa Baosan Lor Ngrayun telah melakukan kegiatan kajian keislaman dalam menanamkan karakter religius pada remaja, sehingga dengan ini peneliti berkeinginan untuk meneliti kegiatan kajian keislaman yang telah diadakan oleh karang taruna Gunung Tugel Community.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan kajian keislaman pada remaja karang taruna Gunung Tugel Community, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan kajian keislaman dalam menanamkan karakter religius pada remaja karang taruna Gunung Tugel Community, 3) untuk mengetahui implikasi kegiayan kajian keislaman dalam menanamkan karakter religius pada remaja Dukuh Krajan Desa Baosan Lor Ngrayun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitiana ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Dukuh Krajan Desa Baosan Lor Ngrayun. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang telah digunakan adalah menurut Huberman, Miles, dan Saldana diantaranya: kondensasi (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing).
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan kegiatan kajian keislaman yang diadakan oleh karang taruna Gunung Tugel Community adalah adanya pembinaan shalat berjama’ah, pembacaan hadist, pembinaan akhlak dan abad, pembinaan akidah, adapun kajian khusus remaja dalam satu bulan sekali tempat yang dipusatkan di masjid At-Takwa. 2) Faktor pendukungnya adalah semua anggota karang taruna Gunung Tugel Community berperan aktif dalam setiap kegiatan serta bertanggung jawab dengan baik yang bersifat internal maupun ekternal, adapun dari remaja yakni sangat antusias, memiliki rasa ingin tahu, dan juga semangat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan kajian keislaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ada sebagaian anggota pengurus kurang berperan akan tetapi, dengan perlahan mereka terus berbenah dan untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan, adapun faktor lainnya yaitu remaja mengikuti kegiatan disekolah dan menjadikan sedikit penghambat. 3) Implikasi dari kegiatan kajian keislaman tersebut adalah remaja mampu mengaplikasikan nilai-nilai ajaran agama Islam dengan baik yang melalui pembinaan materi tentang tauhid, ibadah, akhlak dan muamalah sehingga mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:31
Last Modified: 21 Jun 2022 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19306

Actions (login required)

View Item View Item