Implementasi Penggunaan Modul Berbasis Literasi dan Numerasi di Kelas IV SD Ma'arif Ponorogo

Umam, Nasrul (2022) Implementasi Penggunaan Modul Berbasis Literasi dan Numerasi di Kelas IV SD Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180257_NASRUL UMAM_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk keaktifan dalam pembelajaran dimulai dari guru berupa pemilihan bahan ajar yang tepat. Oleh karena itu, untuk menciptakan komunikasi atau proses pembelajaran yang baik, perlu adanya media pembelajaran yang memungkinkan guru menyampaikan pesan berupa materi yang tepat kepada siswa. Namun, dalam praktik pembelajaran yang berkembang saat ini, beberapa pendidik lebih mengandalkan buku teks atau komponen buku teks daripada pegangan. Pengembangan modul akan sangat membantu peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Media merupakan suatu alat bantu yang dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan suatu materi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan modul berbasis literasi dan numerasi (2) mengetahui penerapan modul berbasis literasi dan numerasi (3) mengetahui evaluasi penggunakan modul berbasis literasi dan numerasi SD Ma’arif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo. Hasil penelitian pada perencaaan pembelajaran adalah dengan membuat RPP, silabus, dan media yang di perlukan dalam pembelajaran. Pada hasil penerapan penggunaan modul berbasis literasi dan numerasi pada pembelajaran di kelas siswa dapat mengikuti dengan lancar, efektif dan dapat menyerap materi yang yang disampaikan pendidik. Dikarenakan pendidik mendapat kemudahan dalam mengajar di dalam kelas, modul yang sudah mencakup semua materi. Hasil evaluasi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran itu sangat penting. Karena dengan diadakan evaluasi ini dapat diketahui keberhasilan seorang guru dalam menjelaskan materi pelajaran, daya ingat dan pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan, serta pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:03
Last Modified: 21 Jun 2022 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19303

Actions (login required)

View Item View Item