Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Dewi, Putri Alfia (2022) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX di MTs Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180414_PUTRI ALFIA DEWI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan sebagai suatu proses dari perubahan perilakunya yang didapat dari pengalaman. Belajar dan mengajar menjadi satu konsep yang tidak dapat dipisahkan, karena akan menjadi satu kegiatan dimana terjadi proses interaksi antara guru dengan peserta didik, serta peserta didik dengan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung atau dalam lingkungan sekolahnya. Pembelajaran merupakan proses dalam membantu peserta didik agar dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Pembelajaran juga dapat berlangsung dimapun dan kapanpun. Proses pembelajaran peserta didik dapat meningkatkan kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik. Untuk mencapai tujuan pembelajaran perlu disusun suatu metode agar tujuan pembelajaran tercapai dengan optimal. Tanpa suatu metode yang cocok, dan tepat, kecil kemungkinan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Metode pembelajaran diskusi merupakan salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. minat juga merupakan faktor psikologis yang mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan peserta didik. Minat belajar peserta didik akan timbul karena adanya pengaruh dari luar dan berasal dalam diri peserta didik. Minat yang tinggi akan akan lebih besar harapan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran diskusi dan minat belajar merupakan suatu fokus utama dalam sebuah aktivitas pembelajaran. Dengan adanya penerapan metode pembelajaran diskusi dan minat belajar peserta didik yang tinggi dalam proses belajar mengajar akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran diskusi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, 2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, 3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran diskusi dan minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih kelas IX MTs Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk mengetahui informasi dengan menggunakan penyebaran angket dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam analisis ini yaitu menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 22.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) metode pembelajaran diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana bahwa Sig. (0,000 < α (0,05) sehingga tolak H0. Metode pemebelajaran diskusi memiliki pengaruh sebesar 18,9%. 2) Minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana bahwa Sig. (0,001 < α (0,05) sehingga tolak H0. Minat belajar memiliki pengaruh sebesar 23,3%. 3) Metode pembelajaran diskusi dan minat belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan regresi linier berganda bahwa Sig. (0,001 < α (0,05) Sehingga tolak H0. Metode pembelajaran diskusi dan minat belajar memiliki pengaruh sebesar 24,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:12
Last Modified: 21 Jun 2022 01:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19299

Actions (login required)

View Item View Item