Metode AHE untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik di lembaga bimbingan belajar "Rumah Berkah" Semanding Kauman Ponorogo

Musyahadah, Ruhil Ridhatun (2022) Metode AHE untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik di lembaga bimbingan belajar "Rumah Berkah" Semanding Kauman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180225_Ruhil Ridhatun Musyahadah_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Banyak lembaga pendidikan formal seperti MI/SD terutama lembaga favorit yang menetapkan beberapa kriteria bagi para calon peserta didiknya, salah satunya yaitu siswa harus mampu membaca dan menulis. Lemahnya kemampuan membaca pada anak tentu akan memberikan dampak buruk, baik bagi mental maupun prestasi akademiknya. Banyak orang tua yang bingung bagaimana cara mengajari dan membimbing anaknya untuk belajar membaca. Karena banyak dijumpai anak yang tidak mau diajari oleh orang tuanya ketika belajar di rumah. Selain itu, kesibukan orang tua dan keterbatasan fasilitas juga menjadi salah satu faktornya. Oleh karena itu, para orang tua memilih jalur pendidikan nonformal seperti les privat. Salah satunya adalah lembaga bimbingan belajar “Rumah Berkah” Semanding. Lembaga ini memberikan bimbingan belajar membaca menggunakan metode AHE (Anak Hebat). AHE sendiri adalah salah satu dari sekian banyak metode membaca yang memberikan beberapa langkah jitu untuk membimbing dan membantu anak dalam belajar membaca dan menulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran dengan metode AHE untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di lembaga bimbingan belajar “Rumah Berkah” Semanding Kauman Ponorogo, (2) langkah-langkah pembelajaran dengan metode AHE untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di lembaga bimbingan belajar “Rumah Berkah” Semanding Kauman Ponorogo, dan (3) evaluasi pembelajaran dengan metode AHE di lembaga bimbingan belajar “Rumah Berkah” Semanding Kauman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data). Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) pada setiap penerimaan siswa baru, akan diadakan placement test (tes penempatan) sebagai bagian awal dari proses pembelajaran siswa. Pelaksanaan tes bertujuan untuk melihat tingkat kemampuan dan keterampilan siswa dalam membaca, serta untuk lebih memperhatikan kesesuaian dan kebutuhan siswa terkait kemampuan membacanya. sehingga nantinya akan didapatkan hasil penempatan level yang sesuai dengan siswa tersebut. Tutor yang mengajar di lembaga AHE juga harus memiliki lisensi guru AHE dengan mengikuti pelatihan atau diklat Standar Guru Ahe (SGA). (2) Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan pada tiap level AHE adalah sama, yaitu menggunakan 6 langkah AHE yang mencakup senam otak, remidi, baca modul, pengayaan, menulis, dan permainan. Para siswa akan belajar dari level bawah (level 1, 2, 3) hingga level atas (level 4, 5, 6, 7) sesuai dengan hasil placement test. Proses pembelajaran di lembaga AHE dilaksanakan secara bertingkat yang dimulai dari materi dasar vokal a-i-u-o-e ke materi yang lebih kompleks yaitu belajar membaca huruf paten. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan di lembaga AHE Semanding adalah evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif adalah evaluasi terhadap pokok bahasan, evaluasi sumatif adalah evaluasi kenaikan level dan evaluasi kelulusan siswa. Evaluasi terhadap pokok bahasan tertentu adalah evaluasi yang dilakukan ketika siswa telah mencapai beberapa pokok bahasan pada buku modul. Evaluasi kenaikan level dilakukan siswa yang akan naik ke level berikutnya dengan membaca buku modul pada halaman terakhir. Sedangkan evalausi kelulusan diberikan kepada siswa yang akan lulus dari lembaga AHE.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:11
Last Modified: 21 Jun 2022 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19298

Actions (login required)

View Item View Item