Perencanaan Strategik dalam Pengembangan Program Sekolah Adiwiyata di SMPN 3 Ponorogo

Rohmawati, Afiah Intan Nur (2022) Perencanaan Strategik dalam Pengembangan Program Sekolah Adiwiyata di SMPN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180003_Afiah Intan Nur Rohmawati _Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmawati, Afiah Intan Nur. 2022. Perencanaan Strategik dalam Pengembangan Program Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Manajemen Strategik, Perencanaan Strategik, Program Sekolah Adiwiyata

Salah satu program pemerintah untuk menambah wawasan lingkungan sekolah menjadi tempat yang lebih baik dan menyediakan pembelajaran untuk siswa agar memiliki karakter peduli terhadap kesehatan, kebersihan, dan menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga terciptanya proses pembelajaran yang bermutu menggunakan manajemen strategik pengembangan program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Ponorogo.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme perencanaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMPN 3 Ponorogo (2) Untuk mengetahui dan menganalisis tahapan perencanaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMPN 3 Ponorogo (3) Untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis hasil perencaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMPN 3 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisa dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) Mekanisme perencanaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Ponorogo antara lain a) Membentuk tim adiwiyata sekolah, b) rencana aksi, didalamnya terdapat pelaksanaan mekanisme antara lain setiap anggota diberikan pembelajaran konsep dari tim adiwiyata yakni pengembangan mutu 3R: Reuse, Reduce, Recyle. (2) Tahapan perencanaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Ponorogo yakni : a) menyusun dan menyebarluaskan program sekolah adiwiyata, b) mengagendakan dan melaksanakan program sekolah adiwiyata. (3) Hasil perencanaan strategik dalam pengembangan program sekolah adiwiyata di SMP Negeri 3 Ponorogo antara lain Pada bulan November 2012 SMPN 3 Ponorogo ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten, Pada bulan April 2013 SMPN 3 Ponorogo ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi oleh Gubernur Jawa Timur, Pada bulan Desember 2013 SMPN 3 Ponorogo ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta, dan Pada bulan Juni 2015 SMPN 3 Ponorogo ditetapkan Sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri dengan Presiden Joko Widodo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:08
Last Modified: 21 Jun 2022 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item