Pengaruh Pemanfaatan Gawai Sebagai Media Pembelajaran Dan Pola Asuh Demokratis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022

Muntafi'ah, Alim (2022) Pengaruh Pemanfaatan Gawai Sebagai Media Pembelajaran Dan Pola Asuh Demokratis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180019_Alim Muntafi'ah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muntafi’ah, Alim. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Gawai sebagai Media Pembelajaran dan Pola Asuh Demokratis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci: Pemanfaatan Gawai sebagai Media Pembelajaran, Pola Asuh Demokratis, Hasil Belajar PAI.
Hasil belajar diartikan sebagai sesuatu yang diperoleh siswa berkat adanya usaha atau pikiran yang mana hal tersebut dinyatakan dalam bentuk penguasaan, pengetahuan, dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak perubahan tingkah laku pada diri individu. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SMPN 1 Sambit Ponorogo ditemukan hampir seluruh siswa mendapatkan hasil belajar di bawah KKM terutama pada pelajaran PAI. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya yakni pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran dan pola asuh Demokratis, keduanya merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh antara pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran dan pola asuh demokratis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran PAI oleh siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022; (2) mengetahui pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua kepada siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022; (3) mengetahui hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022; (4) mengetahui signifikansi pengaruh antara pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022; (5) mengetahui signifikansi pengaruh antara pola asuh demokratis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit tahun ajaran 2021-2022; dan (6) mengetahui signifikansi pengaruh antara pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran dan pola asuh demokratis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 sambit Ponorogo tahun ajaran 2021-2022. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Jenis penelitiannya adalah penelitian Ex Post Facto. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang artinya dari seluruh populasi siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo yang berjumlah 98 anak, semuanya dijadikan sampel. Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran di kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo dominan dalam kategori cukup efektif dengan prosentase 67%; (2) pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua pada siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo dominan pola asuh demokratis sebanyak 72%; (3) hasikatal belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo dominan dalam kategori sedang dengan prosentase 73%; (4) pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo, dengan prosentase sebesar 6,6%; (5) pola asuh demokratis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo, dengan prosentase sebesar 12,5%; dan (6) pemanfaatan gawai sebagai media pembelajaran dan pola asuh demokratis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo, dengan prosentase sebesar 13,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 00:59
Last Modified: 21 Jun 2022 00:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19293

Actions (login required)

View Item View Item