Penerapan Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Fathur Rahmah Ponorogo

Rohmah, Hanik Atur (2022) Penerapan Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas IV MI Fathur Rahmah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180254_HANIK ATUR ROHMAH_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan motivasi belajar IPS siswa kelas IV MI Fathur Rahmah. Berdasarkan prasurvei observasi diketahui bahwa guru kelas IV belum menggunakan variasi metode pembelajaran sebab keterbatasan waktu, media, dan sarana prasarana. Ini mengakibatkan siswa menjadi jenuh, bosan, dan cenderung mengobrol sendiri, sehingga siswa belum sepenuhnya berpartisipasi aktif. Selain itu kreativitas yang dilakukan guru kurang mampu dalam menarik perhatian siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar IPS kelas IV MI Fathur Rahmah. (2) mendeskripsikan hasil dari pelaksanaan strategi make a match untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar IPS kelas IV MI Fathur Rahmah.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 9 siswa kelas IV MI Fathur Rahmah. Objek penelitian ini adalah keaktifan dan motivasi belajar dengan menggunakan strategi make a match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan belajar, lembar angket motivasi dan dokumentasi secara check list. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran strategi make a match berjalan dengan baik. Salah satu keunggulan strategi ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. (2) Berdasarkan hasil PTK yang telah dilaksanakan mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi make a match dalam pembelajaran IPS tema 7 indahnya keragaman di negeriku subtema 3 indahnya persatuan dan kesatuan negeriku dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar. Dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan dan motivasi belajar IPS siswa melalui penerapan strategi make a match. Peningkatan skor keaktifan belajar siswa dari kondisi awal 43,33 (rendah) menjadi 56,66 (sedang) pada siklus I kemudian menjadi 71,11 (tinggi) pada siklus II. Sedangkan peningkatan motivasi belajar IPS siswa dari kondisi awal 46,66 (rendah) menjadi 65,77 (sedang) pada siklus I kemudian menjadi 75,44 (tinggi) pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi make a match pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar IPS siswa kelas IV MI Fathur Rahmah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 00:43
Last Modified: 21 Jun 2022 00:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item View Item