MANAJEMEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDMT PONOROGO

Pangastuti, Mariana (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDMT PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
502200020_MARIANA PANGASTUTI_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penyebaran virus corona di masa pandemi, telah mengubah sistem penyelenggaraan pendidikan dari tatap muka menjadi blended learning. Pembelajaran blended learning di SDMT Ponorogo mengalami beberapa permasalahan, yaitu siswa kurang menunjukkan keaktifan, kurangnya interaksi antara siswa dan guru, internet yang tidak stabil, dan kurangnya kemandirian sebagian siswa. Pembelajaran blended learning dianggap kurang efektif. Oleh karena itu diperlukan solusi pembelajaran blended learning yang efektif dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan interaktif model Miles Huberman dan Saldana untuk menganalisis data penelitian yang berisi tentang pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan.
Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran blended learning pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran blended learning di SDMT Ponorogo pada masa pandemi Covid-19 yaitu mengadakan bimbingan teknis pembuatan perangkat pembelajaran, persiapan sarana prasarana, sosialisasi kepada murid dan wali murid tentang pembelajaran blended learning, 2) Pelaksanaan pembelajaran blended learning dilakukan dengan mengacu kepada Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-l9. Pembelajaran tatap muka dipandang lebih efektif karena guru dan siswa dapat berinteraksi secara lebih intensif, sehingga sekolah membuat kebijakan dengan menambah durasi tatap muka di sekolah, 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan kegiatan rapat evaluasi, evaluasi dan monitoring, supervisi serta evaluasi sesama teman sejawat.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MOH. MIFTACHUL CHOIRI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:45
Last Modified: 20 Jun 2022 08:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19283

Actions (login required)

View Item View Item