Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Di Kelas Pada Film Dangerous Mind

Silviana, Diah (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Di Kelas Pada Film Dangerous Mind. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180031_DIAH SILVIANA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Silviana, Diah. 2022. Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Di Kelas Pada Film Dangerous Mind. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Film Dangerous Mind.
Pada saat ini pembelajaran yang berkualitas sangat penting dan perlu dirancang oleh para guru mengingat semakin maju teknologi dan juga ilmu pengetahuan manusia seiring berkembangnya zaman. Mengingat tersampaikannya materi kepada peserta didik adalah tujuan utama proses pembelajaran sehingga guru harus inovatif dan kreatif dalam mengajar peserta didik. Berbagai sifat dan karakter peserta didik adalah salah satu tantangan yang dihadapi guru, sehingga harus mengelola keadaan kelas sesuai dengan peserta didiknya. Oleh sebab itu, perlu adanya penggunaan model pembelajaran interaktif untuk membuat suasana kelas menjadi menarik perhatian peserta didik dan menumbuhkan minat belajar. Pemanfaatan film sebagai media pembelajaran untuk memanfaatkan model pembelajaran interaktif bagi guru. Film Dangerous Mind adalah film yang cocok untuk mengatasi permasalahan ini karena banyak kegiatan pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh guru untuk membuat para peserta didik minat dalam mengikuti kegiatan belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran interaktif pada ranah stimulus respon learning pada film Dangerous Mind, (2) menjelaskan penggunaan model pembelajaran interaktif pada ranah concept learning pada film Dangerous Mind, (3) menjelaskan model pembelajaran interaktif pada ranah problem solving pada film Dangerous Mind.
Data penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik analisis isi (content analysis). Sumber data penelitian ini addalah film Dangerous Mind serta penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dalam film Dangerous Mind ditemukan penggunaan model pembelajaran interaktif pada tiga ranah yaitu ranah stimulus respon learning, ranah concept learning, dan ranah problem solving. Penggunaan model pembelajaran interaktif pada tiga ranah tersebut menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi dalam kegiatan belajar yang dapat membuat peserta didik aktif, antusias dan menumbuhkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:31
Last Modified: 20 Jun 2022 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19281

Actions (login required)

View Item View Item