(kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 MANTREN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

Emellinda, Emellinda (2022) (kesediaan publikasi belum ada, silakan upload ulang)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 MANTREN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180163 EMELLINDA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Emellinda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V di SDN 1 Mantren Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M. Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA.
Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi di dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting bagi seorang pendidik, dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi maka siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti kegiatan belajar. Fenomena yang masih terjadi sampai saat ini adalah hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa di dalam kelas V di SDN 1 Mantren Pacitan terdapat beberapa siswa yang masih memperoleh nilai di bawah rata-rata khususnya pada mata pelajaran IPA, sehingga siswa tidak dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang monoton dan hanya berpusat pada guru saja serta menjadikan siswa pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar sisa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan proses pembelajaran dan (2) hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 1 Mantren Pacitan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mantren Pacitan yang berjumlah 13 siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi , serta analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif dimana menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 unsur yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan (1) proses pembelajaran sebesar 100 % pada siklus I dan II serta (2) hasil belajar siswa dengan sangat baik yang dbuktikan dengan adanya peningkatan presentase nilai belajar siswa disetiap siklus dengan presentase pada siklus I sebesar 84,5 % serta pada siklua II sebesar 100%. Dengan demikian proses pembelajaran dan hasil belajar disetiap siklus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:35
Last Modified: 20 Jun 2022 08:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19280

Actions (login required)

View Item View Item