Pengaruh Penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo

Sari, Linda Permata (2022) Pengaruh Penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180356 LINDA PERMATA SARI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Linda Permata. 2022. Pengaruh Penerapan Cooperative Integrated Reading and Composition dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Compotition, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan suatu keberhasilan yang harus diraih oleh siswa dalam proses belajar mengajar. Berbicara mengenai realita saat ini, masih banyak ditemukan siswa-siswi yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran PAI khususnya di SMA Negeri 1 Sambit. Hal tersebut dikarenakan ketidaksesuaian model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan kurangnya minat belajar siswa. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, melalui wawancara dan data dokumentasi dengan guru PAI di SMA Negeri 1 Sambit, diperoleh informasi bahwa masih banyak anak yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran PAI yaitu dengan rata-rata nilai 72, sedangkan nilai minimal yang harus diperoleh pada mata pelajaran PAI yaitu 75, hal tersebut dikarenakan masih banyak siswa yang bercanda dengan teman dan bermain hp pada saat pelajaran dimulai.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022; (2) Mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022; (3) Mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022; (4) Mengetahui signifikansi pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 1 Sambit tahun pelajaran 2021/2022; (5) Mengetahui signifikansi pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022; (6) Mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran CIRC dan minat belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambit Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sambit yang berjumlah 129 anak. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah sebanyak 92 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini melalui uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa (1) Penerapan Model pembelajaran CIRC pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022 dengan presentase 70,5%; (2) Minat belajar kelas X pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022 dengan presentase 65,1%; (3) Prestasi belajar kelas X pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022 dengan presentase 71,6%; (4) Penerapan Model pembelajaran CIRC berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kelas X pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022, dengan presentase 40,9 %; (5) Minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022, dengan presentase 71,6 %; (6) Penerapan model pembelajaran CIRC dan minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar kelas X pada mata pelajaran PAI SMA Negeri 1 Sambit tahun ajaran 2021/2022, dengan presentase 82,8 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:33
Last Modified: 20 Jun 2022 08:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item