Komparasi Motivasi Belajar Fikih Materi Kurban Ditinjau Dari Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Siswa Kelas X IIS Di MAN 1 Kota Madiun Tahun Ajaran 2021/2022

Al Muhanna, Faris (2022) Komparasi Motivasi Belajar Fikih Materi Kurban Ditinjau Dari Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Siswa Kelas X IIS Di MAN 1 Kota Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180311_FARIS AL MUHANNA_PAI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhanna, Faris Al. 2022. Komparasi Motivasi Belajar Fikih Materi Kurban Ditinjau dari Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi pada Siswa Kelas X IIS Di MAN 1 Kota Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.

Kata Kunci: Media Video Animasi, Media Power Point, Motivasi Belajar

Motivasi belajar merupakan suatu hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Apabila siswa tidak memiliki dorongan atau motivasi belajar maka siswa tersebut tidak akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik dan hasil belajar siswa tidak akan maksimal. Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 1 Kota Madiun, diperoleh informasi bahwa masih banyak peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang diterapkan kurang maksimal atau kurang sesuai, sehingga pembelajarannya tidak menarik. Motivasi belajar siswa yang rendah dapat dilihat dari tidak memperhatikannya peserta didik ketika sedang dijelaskan materi oleh guru di kelas, berbicara sendiri dan tidak semangat belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan penyebab yang berasal dari siswa itu sendiri. Salah satunya yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan faktor eksternalnya adalah media pembelajaran yang diterapkan. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik seperti media video animasi, maka siswa diharapkan memiliki semangat belajar karena pembelajarannya menyenangkan, sehingga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui motivasi belajar fikih materi kurban dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada siswa kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar fikih materi kurban dengan menggunakan media pembelajaran power point pada siswa kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun. (3) Untuk mengetahui signifikansi perbedaan motivasi belajar fikih materi kurban antara yang menggunakan media pembelajaran video animasi dan media pembelajaran power point pada siswa kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dan dianalisis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis statistika komparatif menggunakan independent sampel t test. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Madiun. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan seluruh kelas X IIS MAN 1 Kota Madiun yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan sampling jenuh dalam peneitian ini. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen angket.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Motivasi belajar fikih materi kurban dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada siswa kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 83%. (2) Motivasi belajar fikih materi kurban dengan menggunakan media pembelajaran power point pada siswa kelas X IIS di MAN 1 Kota Madiun dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 72%. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar fikih materi kurban yang signifikan antara yang menggunakan media pembelajaran video animasi dan media pembelajaran power point pada siswa kelas X IIS di MAN Kota 1 Madiun dengan nilai signifikansi < (0,05), yaitu sebesar 0,017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:32
Last Modified: 20 Jun 2022 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19278

Actions (login required)

View Item View Item