Upaya Guru dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Sirah Nabawiyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi Dusun Sikut Desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi)

Khasanah, Nur (2022) Upaya Guru dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Peserta Didik Melalui Metode Bercerita Sirah Nabawiyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi Dusun Sikut Desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180403_NUR KHASANAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Nur. 2022. Upaya Guru Dalam Membentuk Akhlak Mahmudah Peserta Didik
Melalui Metode Bercerita Sirah Nabawiyah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi Dusun Sikut Desa Pandean Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi). Pembibing M. Heriyudanta, M.Pd.I

Kata Kunci: Guru, Akhlak Mahmudah, Metode Bercerita, Sirah Nabawiyah.
Pesatnya perkembangan teknologi era globalisasi modern ini banyak berdampak pada kehidupan manusia. Salah satu dampak positif dari era modrn ini banyak sekali membantu manusia dalam membantu pekerjaan mereka dan semua bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri semakin modern suatu zaman maka juga terjadi kemerosotan Akhlak atau karakter pada generasi penerus yang mengakibatkan kenakalan remaja. Maka langkah yang harus ditempuh dalam menghadapi kemerosotan akhlak yaitu dengan cara membekali individu dengan pendidikan akhlak atau karakter pada generasi penerus sejak dini.
Penggunaan metode bercerita Sirah Nabawiyah merupakan metode yang digunakan oleh guru Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi dalam menanamkan nilai-nilai Akhlak Mahmudah ada peserta didik. Hal tersebut dilakukan karena bercerita bisa menanamkan nilai akhlak pada peserta didik serta pembelajaran Sirah Nabawiyah secara khusus belum di ajarkan di lembaga formal. Sehingga dengan memberikan Sirah Nabawiyah para pserta didik dapat memahami kepribadian Rasulullah SAW serta dapat mencontoh kepribadian Rasulullah SAW, menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan dalam bertindak, dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya perubahan sikap dan prilaku peserta didik mengarah kepada hal-hal yang positif.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya guru dalam membentuk akhlak mahmudah peserta didik di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi. (2) Mengetahui bagaimana penerapan metose bercerita Sirah Nabawiyah dalam mendidik akhlak mahmudah pada peserta didik. (3) Mengetahui bagaimana hasil pembinan akhlak mahmudah melalui metode bercerita Sirah Nabawiyah di Madrasah Diniyah Al-Maus Shoffi.
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah dengan reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) upaya guru dalam membentuk akhlak mahmudah pada peserta didik yaitu dengan menggunakan metode bercerita Sirah Nabawiyah serta diimbangi dengan berbagai pembiasaan dan teladan lansung dari para Ustadz dan Ustadzah, karena dengan menggunakan metode bercerita Sirah Nabawiyah dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang agama Islam serta juga dapat membentuk akhlak mahmudah pada anak. (2) penerapan metode bercerita sirah nabawiyah di madrasah diniyah sangat diminati oleh peseta didik dan menjadi salah satu mata pelajaran yang disukai oleh peserta didik, dan pembelajaran dan terkdang pembelajaran bercerita menjadi hal yang sangat membosankan bagi peseta didik oleh sebab itu guru harus mempunyai strategi terendiri dalam menghadapi peserta didik. (3) Bercerita sangat membantu peserta didik untuk mengetahui dan memahami ajaran agama dalam Islam. adanya perubahan sikap dan prilaku peserta didik mengarah kepada hal-hal yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:35
Last Modified: 20 Jun 2022 08:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19276

Actions (login required)

View Item View Item