..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Siklus Air Berbantuan Media Gambar Kelas V MIN 4 Ponorogo

Desiati, Ela (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Siklus Air Berbantuan Media Gambar Kelas V MIN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180038_Ela Desiati_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desiati, Ela. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Siklus Air Berbantuan Media Gambar Kelas V MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.

Kata Kunci: Konsep, Model Pembelajaran, Pemahaman.

Penelitian ini berawal dari suatu permasalahan yakni pemahaman konsep siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, yang masih belum maksimal dalam memahami materi. Permasalahan pada kemampuan pemahaman konsep dalam menguasai konsep-konsep pembelajaran belum tercapai secara maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dengan menerapkan model pembelajaran kooperataif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA. metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang ditempuh dengan tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran secara nyata di dalam kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observasi) dan tes.
Instrumen penelitian dengan teknik tes berupa post test pemahaman konsep dan teknik non tes yakni pengamatan yang diobservasi oleh guru saat peneliti menerapkan model pembelajaran numbered head Together (NHT). Berdasarkan hasil analisis data nilai pemahaman konsep meningkat dari siklus I ke siklus III, yaitu 76, 5 % pada siklus I, 91% pada siklus II. hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat dari siklus I dan siklus II. pada siklus I persentase ketuntasan pemahaman konsep sebesar 47% pada siklus II sebesar 100%. Model Pembelajaran NHT mampu meningkatkan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 08:16
Last Modified: 20 Jun 2022 08:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item