PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BDP DI SMKN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Lestari, Siska (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN BDP DI SMKN 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180206 SISKA LESTARI PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Minat adalah suatu rasa yang lebih suka atau rasa ketertarikan pada suatu kegiatan yang ditunjukkan dengan keinginan, kecenderungan untuk memperhatikan kegiatan tersebut tanpa ada seorang pun yang menyuruh, dilakukan dengan kesadaran diri sendiri dan diikuti dengan perasaan yang senang. Namun sayangnya di SMKN 1 Ponorogo, khususnya kelas X Jurusan BDP minat belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi yang dilakukan yaitu terdapat 35% siswa membuka aplikasi selain e-learning saat proses pembelajaran berlangsung, seperti membuka aplikasi Tik Tok, Instagram, dan Snack Video, dan terdapat 20% siswa yang sedang mengobrol dengan temannya diluar materi pelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, seperti mengobrolkan member KPOP yang sedang naik daun, dan megobrolkan outfit yang sedang trend. Oleh karena itu perlu dikaji lebih dalam tentang hal yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa. Minat belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa kelas X Jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo. (2) mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X Jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo. (3) mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X Jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan jumlah populasi 105 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah random sampling berdasarkan tabel krejcie yaitu sejumlah 78 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner atau angket.
Berdasarkan dari tahapan analisis ditemukan hasil bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa kelas X jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022. Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 26,7%. Dengan garis regresi Y=50,470+0,635.X1. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022. Besar pengaruh teman sebaya terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 36,9 %. Dengan garis regresi Y=48,034+0,605.X2. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran e-learning dan teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X jurusan BDP di SMKN 1 Ponorogo. Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning dan teman sebaya terhadap minat belajar siswa yaitu sebesar 43,5%. Dengan garis regresi Y=32,267+0,361X1+0,465X2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:26
Last Modified: 20 Jun 2022 06:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19270

Actions (login required)

View Item View Item