Studi Analisis Kitab “’Aqidatul Al-’Awaam” Karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki Dan Relevansinya Terhadap Materi Ilmu Kalam Kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah

Lailiya, Izha Rohmatul (2022) Studi Analisis Kitab “’Aqidatul Al-’Awaam” Karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki Dan Relevansinya Terhadap Materi Ilmu Kalam Kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180116_IZHA ROHMATUL LAILIYA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lailiya, Izha Rohmatul. 2022, STUDI ANALISIS KITAB “‘AQIDATUL AL-’AWAAM” KARYA AS-SAYYID AHMAD AL-MARZUKI DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI ILMU KALAM KELAS X JURUSAN KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.

Kata Kunci: Isi kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” Karya As-Sayyid Ahmad Al-Marzuki.

Ketauhidan adalah meyakini di dalam hati bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang kita sembah. Hal ini berarti bahwa tauhid merupakan ilmu yang membahas tentang ke-Esaan Allah SWT dan dzat-dzat yang berhubungan dengan-Nya. Ilmu tauhid juga biasa disebut dengan ilmu kalam, ilmu ushuluddin, ilmu aqidah, dan teologi Islam. Ketika seseorang telah menanamkan ketauhidan di dalam hatinya maka dia akan melaksanakan berbagai macam ibadah dengan lebih bersungguh-sungguh. Salah satu di antara kitab ilmu kalam atau kitab ketauhidan adalah kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki. Kitab ini menjelaskan tentang ilmu kalam secara dasar yang disajikan dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Sehingga kitab ini mudah untuk dipahami oleh orang-orang awam dan banyak dikaji di lingkungan pondok pesantren.
Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan materi ilmu kalam dalam kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki, (2) Mendeskripsikan materi ilmu kalam kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah, (3) Mendeskripsikan kaitannya materi ilmu kalam dalam kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki dengan materi ilmu kalam kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilakukan dengan bertumpu pada data kepustakaan, yaitu dengan mengkaji kitab“‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki, kemudian di analisis dengan menggunakan metode content amalysis atau analisis isi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Materi ilmu kalam dalam kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki terdiri dari tujuh bab. (2) Materi ilmu kalam kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyahterdiri dari sembilan bab. (3) Adapun hasil analisis tentang materi ilmu kalam dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada sebagian materi ilmu kalam dalam kitab “‘Aqidatul Al-’Awaam” karya as-Sayyid Ahmad al-Marzuki yang berkaitan dengan materi ilmu kalam kelas X Jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah. Adapun materi yang berkaitan tersebut terdapat dalam bab Sifat-sifat Allah, Iman kepada malaikat Allah, Iman kepada kitab-kitab Allah, Iman kepada rasul Allah, dan yang terakhir adalah Iman kepada hari akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:25
Last Modified: 20 Jun 2022 06:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19269

Actions (login required)

View Item View Item