Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Pembuatan Konten Dakwah PAI di Instagram Pada Kelas X SMKN 1 Jenangan

Cahyaningtyas, Ratna Dewi (2022) Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Pembuatan Konten Dakwah PAI di Instagram Pada Kelas X SMKN 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180188 RATNA DEWI CAHYANINGTYAS PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cahyaningtyas, Ratna Dewi. Kreativitas siswa adalah kemampuan siswa untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti BAB 9 semester 2 kelas X di SMKN 1 Jenangan, membahas mengenai tema “Meneladani Perjuangan Dakwah Rosulullah di Madinah” salah satu cara dalam menasehati sesama muslim adalah dengan cara berdakwah. Pembelajaran PAI yang seharusnya menjadi mata pelajaran favorit malah menjadi mata pelajaran yang membosankan dan sulit untuk dipahami dikarenakan siswa merasa jenuh dengan suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan, metode penyampaian biasanya dengan metode ceramah, terkait penilaian melalui tanya jawab dan mencatat rangkuman hal ini menyebabkan kurangnya kreativitas siswa dalam pembelajaran. Peneliti memberikan solusi terkait permasaahan tersebut dengan membuat konten dakwah sebagai penilaian hal ini juga selaras dengan teori yang dikemukakakn oleh Guilford dalam Ika Lestari, “ salah satu hasil kreativitas adalah menciptakan sebuah produk”, adanya materi meneladani perjuangan dakwah dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, diharapkan siswa kelas X di SMKN 1 Jenangan dapat memahami secara mendalam dan bisa mengimplementasikan pada kehidupan sehari hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi pembuatan konten dakwah saat pembelajaran PAI pada materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dikelas X LAS B tahun ajaran 2021/2022 (2) Untuk mengetahui hasil dari penilaian dengan membuat konten dakwah pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X LAS B tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus, dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Kurt Lewin, dimana metode ini memiliki empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pola penelitian yang digunakan ialah penelitian terintegrasi yakni, inisiatif dan masalah yang akan diteliti berasal dari peneliti luar, peran guru sebatas sebagai pelaksana tindakan.
Hasil dari observasi penerapan penilaian kreativitas siswa saat pembelajaran PAI pada materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dikelas X LAS B menunjukkan, kreativitas siswa mengalami peningkatan yang cukup baik dari siklus I hingga siklus II. Begitu juga hasil dari penilaian membuat konten dakwah PAI kategori tuntas yang awalnya pada siklus I terdapat 11 siswa dengan presentase 38%, mengalami perbaikan peningkatan pada siklus II menjadi 27 siswa tuntas dengan presentase 93% Jadi dapat diambil kesimpulan bahwasanya penerapan penilaian dengan membuat konten dakwah PAI pada materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad di Madinah dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X LAS B SMKN 1 Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:24
Last Modified: 20 Jun 2022 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item