Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Agama Islam di Masjid Ali Adam Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo

Prasetyo, Joko (2022) Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Agama Islam di Masjid Ali Adam Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180117_Joko Prasetyo_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prasetyo, Joko. 2022. Optimalisasi Kegiatan Pendidikan Agama Islam di Masjid Ali Adam Desa Coper Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo, M.A.
Kata Kunci: Optimalisasi Pendidikan, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Berbasis di Masjid
Masjid merupakan tempat yang digunakan kaum muslimin untuk beribadah, selain sebagai tempat untuk peribadatan, masjid merupakan tempat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial dan pendidikan. Namun di era sekarang banyak masyarakat yang lalai untuk mengoptimalkan kegiatan agama Islam yang ada di masjid seperti yang ada di zaman Nabi Muhammad SAW. Karena banyak fungsi masjid hanya sebatas tempat peribadatan saja. Maka dari itu, perlu adanya tindakan untuk mengoptimalisasi kegiatan agama Islam yang ada di masjid sebagaimana fungsinya. Seperti yang dilakukan dimasjid Ali Adam Coper Jetis Ponorogo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) kegiatan-kegiatan yang dilakukan di masjid Ali Adam Desa Coper Jetis Ponorogo, 2) kegiatan pendidikan agama Islam yang ada di masjid Ali Adam Desa Coper Jetis Ponorogo, 3) Dampak kegiatan pendidikan agama Islam di masjid dalam meningkatkan pemahaman ajaran agama Islam bagi masyarakat
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan metode Miles dan Hubermen yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan metode.
Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan dimasjid Ali Adam yaitu adanya optimalisasi kegiatan agama Islam berupa peningkatan ruhaniyah jamaah, melaksanakan kegiatan peribadatan, melaksanakan kegiatan sosial bermasyarakat, melaksanakan kegiatan pendidikan, melaksanakan kegiatan kebudayaan serta dakwah Islam, melaksanakan kegiatan kaderisasi. Adapun kegiatan-kegiatan sebagai implementasi pendidikan agama islam adalah seperti kegiatan sholat berjamaah lima waktu, kegiatan sholat Jumat, kegiatan sholat sunah, kegiatan madrasah diniyah, kegiatan pembelajaran untuk orang tua santri, kegiatan bimbingan belajar, kegiatan sholawat, kegiatan pengajian, dan kegiatan zikir fida’ dan tahlil. Adapun faktor pendukungnya adalah dengan adanya antusiasme jamaah yang tinggi, adanya sarana dan prasarana yang mendukung, memiliki para pendidik yang profesional, serta mempunyai koordinasi yang baik. Sedangkan kendala yang menjadi faktor penghambat seperti adanya kegiatan yang kurang fleksibel, namun dengan usaha yang cukup baik masalah tersebut dapat diselesaikan. Selain itu, terkait kurangnya kesadaran para pemuda untuk aktif mengikuti sholat jamaah dimasjid. Adapun dampak positif yang muncul yaitu mampu menyelesaikan masalah pendidikan Islam secara langsung, serta memberikan pemahaman ilmu agama yang baik kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:08
Last Modified: 20 Jun 2022 06:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item View Item