Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Gerakan Literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo

Safitri, Laila Nur (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Gerakan Literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180347 Laila Nur Safitri Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Safitri, Laila Nur. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Gerakan Literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci: Membaca dan Menulis, Gerakan Literasi, Pondok Pesantren
Pondok pesantren menjadi sebuah lembaga pendidikan nonformal yang membantu mengembangkan ilmu agama. Seiring dengan berkembangnya zaman, terdapat beberapa pesantren yang sudah menyeimbangkan pembelajaran ilmu agama dengan ilmu umum. Pembelajaram ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, kecakapan, dan pengetahuan dari peserta didik.Salah satunya dalam meningkatkan potensi literasi membaca dan menulis santri. Seperti yang diterangkan dalam Surat Al-Alaq ayat 1-5 bahwasnaya setiap muslin dianjurkan untuk memiliki kemampuan membaca. Dengan membaca kita bisa menambah pengetahuan, sehingga mengetahui segalanya. Minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah dibanding dengan negara-negara lainnya. Maka perlu adanya solusi dengan memberikan Gerakan Litarsi Sekolah (GLS) yang diadopsi menjadi Gerakan Literasi Pesantren (GLP). Gerakan ini bisa dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan literasi. Di zaman modern ini jarang ditemukan peserta didik yang gemar membaca buku, mereka lebih menyukai membaca pesan di Handphone. Namun di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah, kegiatan literasi yang diadakan berjalan dengan baik.
Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) untuk mengetahui bentuk kegiatan literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo (2) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo (3) untuk mengetahui hasil setelah diadakan kegiatan literasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kegiatan literasi yang diadakan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah sangat bervariasi dan sesuai dengan karakter santri, seperti kegiatan SABTU (Sadar Baca dan Tulis) dan EPIS (Enlightmen Pasarpon Institute). (2) Kegiatan literasi SABTU dilaksanakan pada hari Sabtu Pukul 08.00-12.00 dan EPIS dilaksanakan pada hari Minggu dalam sebulan sekali. (3) kegiatan literasi memberikan dampak yang positif bagi setiap santri. Terlihat setelah diadakan kegiatan literasi banyak santri yang gemar membaca dan menulis, sehingga terdapat beberapa santri yang menghasilkan sebuah karya tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:09
Last Modified: 20 Jun 2022 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19260

Actions (login required)

View Item View Item