IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG SUKOREJO PONOROGO

SARI, TASARA AMIDA ARDIAN (2022) IMPLEMENTASI GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII A MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AN-NAJIYYAH LENGKONG SUKOREJO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180453_TASARA AMIDA ARDIAN SARI_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kurangnya keaktifan siswa dalam belajar yang mana hal ini bisa berdampak kepada pemahaman siswa itu sendiri. Peneliti menemukan masalah ketika proses pembelajaran berlangsung, terlihat pada kasus seperti ketika ada tanya jawab hanya beberapa anak saja yang berani mengungkapkan pendapatnya, kurang semangat dalam belajar, malas cenderung ngantuk dan tidur di kelas, ngobrol bersama teman sebangku, ramai, serta ada yang mengerjakan tugas tidak pada waktu pembelajaran. Kurangnya variasi dalam pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada guru dan hanya pemberian penugasan menjadi faktor penyebabnya. Karena itu maka perlu upaya perbaikan dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak dengan pembelajaran kooperatif group investigation pada siswa kelas VII di MTs An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. (2) mengetahui peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran akidah akhlak dengan pembelajaran kooperatif group investigation pada siswa kelas VII di MTs An-Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data didapatkan dari subjek penelitian yaitu semua siswa kelas VII A di MTs An�Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu berupa (1)
analisis Kualitatif yang menjelaskan atau mendeskripsikan mengenai keberhasilan pembelajaran dengan pengimplementasian pembelajaran kooperatif, (2) analisis Kuantitatif menggunakan analisis statistik deskripstif dengan menjumlah, mencari mean dan presentase skor pada setiap tes serta aspek yang diamati.Dari hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan, baik dari segi keaktifan belajar siswa maupun dari pemahaman siswa. Dapat dilihat pada segi keaktifan belajar siswa dengan indikator yaitu memperhatikan penjelasan guru, kerja sama dalam diskusi kelompok, percaya diri dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab menyelesaikan tugas. Pada siklus I pada kategori rendah 43%, kategori sedang 38% dan kategori tinggi 19%, pada siklus II meningkat menjadi kategori sedang 53% dan kategori tinggi 47%. Begitu pula pemahaman siswa pada siklus I terdapat 11 siswa atau 53 % yang memenuhi KKM dan terdapat 10 siswa atau 47% yang belum memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II terdapat 18 siswa atau 86% yang memenuhi KKM dan terdapat 3 siswa atau 14% yang belum memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian keaktifan belajar dan pemahaman siswa mengalami peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:23
Last Modified: 20 Jun 2022 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19258

Actions (login required)

View Item View Item