Pengaruh Ekosistem Pendidikan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022

Fiqia, Ahmad Mihdad Mahda (2022) Pengaruh Ekosistem Pendidikan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
20180258_Ahmad Mihdad Mahda Fiqia_Pendidikan Agama Islam(PAI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fiqia, Ahmad Mihdad Mahda. 2022. Pengaruh Ekosistem Pendidikan dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik kelas XI SMAN Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.

Kata kunci : Ekosistem Pendidikan, Minat Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Keberhasilan suatu proses pendidikan ditentukan dari prestasi belajar yang dimiliki peserta didiknya. Suatu proses pendidikan agama akan lebih intensif apabila dilakukan dengan memperhatikan proses pendidikannya. Prestasi belajar PAI dipengaruhi oleh faktor ekosistem pendidikan dan minat belajar. jika kedua faktor tersebut baik maka peserta didik akan menghasilkan prestasi belajar yang baik juga. Namun, jika inteprestasi nilai-nilai agama Islam tidak dilakukan secara optimal dan melalaikan faktor ekosistem pendidikan dan minat belajar akan menimbulkan dampak negatif yang diantaranya turunya prestasi belajar yang dimiliki dan implementasi nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari, dampaknya peserta didik akan mengalami degradasi moral dan bertentangan dengan agama Islam
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kondisi ekosistem pendidikan di kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022 (2) mengetahui minat belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022 (3) mengetahui kondisi prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022 (4) mengetahui signifikansi pengaruh ekosistem pendidikan terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022 (5) mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022 (6) mengetahui pengaruh ekosistem pendidikan dan minat belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam peserta didik kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022.
Metode yang digunakan peneliti dalam menjawab pernyataan tersebut menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian sejumlah 70 responden. Dengan teknik sampling jenuh, maka sampel yang peneliti ambil adalah 70 responden atau keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner angket, yang disebar kepada sampel. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analsisi regresi linier sederhana dan analysis regresi linier berganda. Dengan bantuaan aplikasi SPSS for Windows versi 20.
Temuannya sebagai berikut : (1) Kondisi ekosistem pendidikan kelas XI SMAN 1 Jetis Ponorogo tahun pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebanyak 72,86% (2) Kondisi minat belajar peserta didik Kelas XI di SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebanyak 81,43%, (3) Kondisi prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI di SMAN 1 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebanyak 78,57%, (4) Ekosistem pendidikan berpengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI di SMAN 1 Jetis Ponrogo Tahun Pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebesar 33,2 % (5) Minat Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI di SMAN 1 Jetis Ponrogo Tahun Pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebesar 41,7 % (6) Ekosistem pendidikan dan minat berpengaruh terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI di SMAN 1 Jetis Ponrogo Tahun Pelajaran 2021-2022, dengan prosentase sebesar 49,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:10
Last Modified: 20 Jun 2022 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19254

Actions (login required)

View Item View Item