UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MURID TUNAGRAHITA (Studi Kasus di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi Tahun 2021-2022)

KURVALIANY, SUKMA AYU (2022) UPAYA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MURID TUNAGRAHITA (Studi Kasus di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi Tahun 2021-2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180449_SUKMA AYU KURVALIANY_PAI.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
KURVALIANY, SUKMA AYU. Anak tunagrahita merupakan seorang anak berkebutuhan kusus yang memiliki kelainan dalam hal tingkat kecerdasan di bawah rata-rata atau dengan kata lain yaitu seorang anak yang memiliki kecacatan mental. Anak berkebutuhan khusus juga berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak pada umumnya, namun memang pendidikan yang dibutuhkan bersifat khusus. Pendidikan tersebut seperti pada sekolah inklusi atau sekolah luar biasa, seperti SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi yang merupakan salah satu sekolah yang didirikan bagi anak yang berkebutuhan khusus. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah ini tidak jauh berbeda dengan sekolah pada umumnya, akan tetapi kurikulum yang digunakan lebih rendah dan lebih mengutamakan raut wajah dan bahasa isyarat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan sistem pembelajaran pada murid tunagrahita di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi, (2) Menganalisis upaya guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar murid Tunagrahita di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan konsep Miles Hubermant yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penulisan menunjukan bahwa (1) Sistem pembelajaran pada murid tunagrahita di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi, sistem pembelajaran yang digunakan di sekolah ini bersifat individual, dengan cara setiap seorang guru hanya mengampu 4-5 anak saja. Proses pembelajaran yang dilakukan yaitu; pada tahap awal guru mengelompokkan siswa sesuai dengan kebutuhan khusus yang disandang, selanjutnya melakukan pembiasaan sebelum masuk kelas, melaksanakan proses pembelajaran dengan diawali dan diakhiri dengan doa bersama. Materi ajar yang diberikan kepada anak tunagrahita sama dengan sekolah pada umumnya hanya saja kurikulum yang digunakan lebih direndahkan dengan ditambah materi bina diri. Pada proses pembelajaran guru tetap membuat RPP namun, tidak terpaku pada RPP tersebut. (2) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada murid tunagrahita di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi, yaitu dengan cara; memotivasi orang tua murid, pemberian hadiah kepada murid yang berhasil melakukan pembelajaran, memberi teguran atau ancaman kepada murid yang sangat sulit untuk mengikuti pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung tidak luput dari beberapa permasalahan, dan permasalahan yang dihadapi dalam mengajar anak tunagrahita yaitu perkasus, karena memang setiap anak memiliki permasalahan masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AHMAD NU'MAN HAKIEM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:11
Last Modified: 20 Jun 2022 06:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item