Komparasi Hasil Belajar PPKn Menggunakan Mind Mapping Pada Siswa Kelas III MI Ma'arif Polorejo Ponorogo

Dwiyanti, Rizka (2022) Komparasi Hasil Belajar PPKn Menggunakan Mind Mapping Pada Siswa Kelas III MI Ma'arif Polorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180222_RIZKA DWIYANTI_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dwiyanti, Rizka. 2022. Komparasi Hasil Belajar PPKn Menggunakan dan Tidak Menggunakan Mind Mapping pada Siswa Kelas III MI Maarif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mind Mapping, PPKn
Proses kegiatan belajar mengajar tentunya terlepas dari cara mengajarnya. Seorang guru atau pendidik harus cerdas dalam memilih cara yang digunakan untuk mengajar atau menyampaikan sebuah materi kepada siswanya didalam kelas, karena dengan adanya cara mengajar yang berbeda-beda bisa membuat siswa tidak bosan dan siswa menjadi senang serta pelajaran yang disampaikan oleh pendidik atau guru bisa menjadikan siswa paham sehingga siswa akan memperoleh nilai yang lebih baik. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, melalui uji coba yang diberikan peneliti kepada siswa kelas III SDN Duyung I, diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran PPKn yaitu dengan rata-rata nilai 58, sedangkan nilai minimal yang harus diperoleh pada mata pelajaran PPKn yaitu 70.
Penelitian ini betujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa kelas III MI Maarif Polorejo yang menggunakan mind mapping; (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar PPKn siswa kelas III MI Maarif Polorejo yang tidak menggunakan mind mapping; (3) Untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar PPKn siswa kelas III di Mi Maarif Polorejo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan mind mapping.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dengan kelas (kontrol jumlah) siswa 28 dan B (kelas eksperimen) dengan 27 siswa MI Maarif Polorejo yang jumlahnya 55 siswa. Adapun sempel yang diambil adalah sebanyak 55 responden.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan (1) Hasil belajar PPKn siswa kelas III MI Maarif Polorejo yang menggunakan mind mapping dalam kategori sedang dengan persentase 74% atau sebanyak 20 responden dari 27 responden; (2) Bagaimana hasil belajar PPKn siswa kelas III MI Maarif Polorejo yang tidak menggunakan mind mapping dalam kategori sedang dengan persentase 57% dari 28 responden; (3) Adakah perbedaan hasil belajar PPKn siswa kelas III di Mi Maarif Polorejo antara yang menggunakan dan tidak menggunakan mind mapping dalam persentase 32,1% dari 55 responden.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:22
Last Modified: 20 Jun 2022 06:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item