..(REDAKSI PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAIKAN DENGAN FORM DI WEBSITE, UPLOAD ULANG).. PENGUATAN KOMPETENSI ILMU FIQIH MELALUI KEGIATAN FORUM SINAU BARENG DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR'AN PAKUNDEN PONOROGO

Ngarifatunnisak, Ulinuha (2022) ..(REDAKSI PERSETUJUAN PUBLIKASI SESUAIKAN DENGAN FORM DI WEBSITE, UPLOAD ULANG).. PENGUATAN KOMPETENSI ILMU FIQIH MELALUI KEGIATAN FORUM SINAU BARENG DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR'AN PAKUNDEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180457_ULINUHA NGARIFATUNISAK_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ngarifatunnisak, Ulinuha. 2022. Penguatan Kompetensi Ilmu Fiqih Melalui Kegiatan Forum Sinau Bareng di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara. M.Ag.

Kata Kunci : Penguatan Kompetensi, Fiqih, Forum Sinau Bareng
Fiqih merupakan cabang ilmu agama yang dianggap penting, karena menerangkan hukum-hukum syara’. Selain itu fiqih adalah ilmu yang mengandung berbagai implikasi konkrit bagi pelaku keseharian individu maupun masyarakat. Melihat fenomena yang ada bahwa banyak lulusan pesantren yang belum menguasai kitab kuning kususnya ilmu fiqih, maka di Pondok Pesantren Nurul Qur’an memilih kegiatan Forum Sinau Bareng sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Kegiatan Forum Sinau Bareng adalah kegiatan yang menjadi kurikulum rutin setiap satu minggu sekali di Pondok Pesantren Nurul Qur’an. Dengan harapan dapat menunjang santri agar lebih memahami atau menguasai kitab kuning terutama fiqih yang mana fiqih sebagai literatur utama dalam kehidupan bermasyarakat, mampu terjun di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan umat yang mana semakin kompleks dan beragam sesuai dengan perkembangan zaman.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana proses kegiatan Forum Sinau Bareng dalam melatih santri untuk Bahs al- Masaa’il di Pondok Pesantren Nurul Qur’an, (2) Mengetahui bagaimana penguatan kompetensi ilmu fiqih melalui kegiatan Forum Sinau Bareng di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan proses berfikir induktif dan deduktif. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses kegiatan Forum Sinau Bareng di Pondok Pesantren Nurul Qur’an terdapat tahap-tahapnya yaitu menganalisis masalah, penyampaian jawaban, perdebatan argumentataif dan pengesahan jawaban. 2) Penguatan Kompetensi ilmu Fiqih di Pondok Pesantren Nurul Qur’an melalui kegiatan Forum Sinau Bareng memberikan manfaat pada santri diantaranya yaitu santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an dapat mengembangkan materi fiqih melalui peningkatan daya kritis yang disesuaikan permasalahan global di masyarakat saat ini, santri dapat memiliki pemahaman yang kuat tentang materi-materi fiqih, santri Pondok Pesantren Nurul Qur’an memiliki Ghirah atau semangat dari diri mereka terutama dalam pembelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:20
Last Modified: 20 Jun 2022 06:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19244

Actions (login required)

View Item View Item