Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di Smp Terpadu Ponorogo

Khoirunnisa, Eti Cahya (2022) Peran Guru Pai Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di Smp Terpadu Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180307 ETI CAHYA KHOIRUNNISA PAI-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khoirunnisa, Eti Cahya.2022. Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap toleransi Beragama Siswa Kelas IX Di Smp Terpadu Ponorogo.
Skripsi.Jurisan Pendidikan agama Islam FAkultas Tarbiyah Dan Ilmu Kegurian (FATIK) Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr M. Syafiq Humaisi,M Pd.
kata kunci: Peran Guru, Sikap Toleransi, SMP Terpadu.

Peran guru adalah sebagai contoh suri tauladan yang baik bagi peserta didiknya. Dimana seorang guru dituntut agar bisa memberikan dorongan kepada peserya didik agar peserta didik dapat lebih baik lagi. Di Sekolah Menengah Pertama Terpadu Ponorogo adalah salah satu lembaga pendidikan formal swasta yang didalamnya terdapat perbedaan dari segi ekonomi, sosial, dan perbedaan keyakinan didalamnya. Hal ini dapat dilihat dari terdapatnya perbedaan keyakinan di SMP Terpadu Ponorogo. SMP Terpadu Ponorogo berdiri sejak tahun 2013 adalah sekolah terpadu pertama di Ponorogo yang mementingkan kenyamanan siswa dalam belajar dimana sekolah memfasilitaasi kebutuhan belajar siswa disekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan peran guru PAI sebagai motivator untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa kelas IX di SMP Terpadi Ponorogo, (2) Menjelaskan peran guru PAI sebagai pembimbing untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa kelas IX di SMP Terpadu Ponotogo, dan (3) Menjelaskan peran giru PAI sebagai evaluator untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siawa kelas IX di SMP Terpadu Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di SMP Terpadu Ponorogo. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi . Analisis data diperoleh dari data hasil wawancara, observasi, dan domumentasi, untuk kemudian direduksi, disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujian penelitian ini.
dari analisis data diperoleh hasil yaitu sebagai berikut : Pertama, guru PAI di SMP Terpadu Ponorogo memberikan motivasi akan pentingnya toleransi kepada siswa kelas IX, Sehingga menjadikan siswa kelas IX menerima kesepakatanperbedaan pendapat antara siswa muslim dengan non-muslim. Kedua, sebagai Pembimbing guru PAI menumbuhkan sikap toleransi siswa kelas IX, dengan menjadikan siswa dapat menerima kekurangan dalam hal keagamaan, seperti halnya siswa muslim dan non-muslimmemiliki perbedaan pendapat terkait ketuhanan. Ketiga, dalam hal megevaluasi guru PAI menumbuhkan sikap toleransi siswa kelas IX, sehingga siswa mau dan mampu bekerjasama dengan siapapun yang memiliki perbedaan latarbelakang, pandangan, serta keyakinan. Penerapan sikap toleransi giru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama sebagai memotivator, pembimbing, dan evaluator menjadikan siswa lebih memahami Toleransi di sekitarnya dan tidak menjadikan perbedaan yang ada sebagai penghambat dalam meningkatkan nilai dibidang akademik maupun non akademik di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:04
Last Modified: 20 Jun 2022 06:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19236

Actions (login required)

View Item View Item