Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo

Fatika, Nurrohmah Hikmawati (2022) Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180408_NURROHMAH H. F_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fatika, Nurrohmah Hikmawati. 2022. Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Skrpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Open Mind, Mind Mapping, Tafsir Jalalain
Metode pembelajaran mempunyai peran penting dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Pemilihan metode yang tepat juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari suatu pembelajaran. Kitab kuning merupakan sesuatu yang harus dipahami dalam dunia pesantren. Pembelajaran kitab kuning yang biasanya hanya menggunakan metode bandongan saja, para santri masih kurang efektif akan pemahaman yang didapatnya. Begitu pun pada pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah yang pada awalnya hanya menggunakan metode bandongan saja, para santri masih kurang pemahaman dan kurang partisipasinya karena metode yang digunakan belum sesuai tujuan pembelajaran tersebut yaitu peningkatan open mind santri. Maka perlu adanya tinjauan kembali mengenai peningkatan kreatifitas pendidikan pesantren yang berwawasan terbuka (open mind) santri dengan metode baru yang diberi wadah untuk berkembang di pesantren. Sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian terkait dengan Implementasi Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan bagaimana penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. (2) Memaparkan hasil dari penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikmah Pasar Pon Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan rancangan kualitatif deskriptif serta dilaksanakan di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah Pasar Pon Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah: Data collection, data condensation, data display, conclusion drawing/ verifying.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah untuk meningkatkan kreatifitas pendidikan pesantren yang berwawasan terbuka (open mind) santri diimplementasikan melalui: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Hasil dari penerapan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain di Madrasah Diniyah Mambaul Hikmah setelah diterapkan metode tersebut mengalami perubahan yang cukup terlihat dan dirasakan oleh para santri. Santri lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran Kitab Tafsir Jalalain yang disampaikan oleh pengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:51
Last Modified: 20 Jun 2022 05:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item