PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMAN 1 JENANGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hayuningtyas, Septa Anggy (2022) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMAN 1 JENANGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Septa Anggy Hayuningtyas_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hayuningtyas, Septa Anggy. 2022. Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMAN 1 Jenangan Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Dukungan Keluarga, Hasil Belajar PAI
Hasil belajar merupakan pencapaian peserta didik setelah melaksanakan proses belajar yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Biasanya hasil belajar dinyatakan dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh pendidik. Pendidik tentunya sangat menginginkan proses belajar terjadi secara maksimal dan nilai yang dihasilkan dapat sesuai berdasarkan KKM yang telah ditentukan. Kenyataannya, berdasarkan observasi di SMAN 1 Jenangan khusunya kelas XI, beberapa hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kurang dari KKM (<70). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam yaitu faktor dalam diri siswa seperti kedisiplinan belajar dan faktor dari luar seperti dukungan dari lingkungan keluarga.
Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022; 2) untuk mengetahui dukungan keluarga siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022; 3) untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agman Islam siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022; 4) untuk mengetahui apakah kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022; 5) untuk mengetahui apakah dukungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022; 6) untuk mengetahui apakah kedisiplinan belajar dan dukungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI sebanyak 82 dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan standar deviasi, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022 dalam kategori sedang dengan frekuensi 56 responden (68,29%); 2) dukungan keluarga siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022 dalam kategori sedang dengan frekuensi 63 responden (76,83%); 3) hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan dalam kategori sedang dengan frekuensi 40 responden (48,78%); 4) kedisiplinan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022 dengan pengaruh sebesar 17,9%; 5) dukungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022 dengan pengaruh sebesar 23,8%; 6) kedisiplinan belajar dan dukungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Jenangan tahun pelajaran 2021/2022 dengan pengaruh sebesar 35,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:49
Last Modified: 20 Jun 2022 05:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item