Peran Guru Dalam Rangka Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun

Aini, Isna Nur (2022) Peran Guru Dalam Rangka Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180057_Isna Nur Aini_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aini, Isna Nur. 2022. Peran Guru dalam Rangka Menumbuhkan Kemampuan Membaca pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SDN Grobogan 02 Jiwan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Membaca, Peran Guru, Siswa Kelas 1

Di sekolah, guru berperan dalam mendidik siswa dalam segala hal, terutama dalam pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dilakukan di SD/MI adalah pembelajaran tematik. Salah satu kegiatan yang harus diajarkan dalam pembelajaran tematik adalah membaca. Siswa kelas 1 Sekolah Dasar harus memiliki keterampilan membaca yang baik. Dari hasil observasi awal yang telah dilakukan di SDN Grobogan 02, Jiwan, Madiun, terdapat empat siswa di kelas 1 tidak hafal huruf abjad yang membuat siswa belum bisa membaca dengan lancar. Hal ini disebabkan karena pada jenjang pendidikan sebelumnya atau TK, terjadi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan siswa belajar dari rumah. Keadaan ini membuat guru tidak bisa membimbing siswa secara langsung. Kurang lancarnya siswa dalam membaca juga disebabkan karena orang tua siswa sibuk bekerja dan tidak meluangkan waktu membimbing siswa belajar di rumah. Ditemukan juga siswa yang masih membutuhkan bantuan khusus guru dalam hal membaca dikarenakan saat membaca siswa masih terbata-bata dan perlu bantuan guru dalam mengeja huruf. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlunya pendampingan guru berupa peran guru sebagai pembimbing, fasilitator dan motivator dalam menumbuhkan kemampuan membaca pada pembelajaran tematik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing, fasilitator dan motivator dalam rangka menumbuhkan kemampuan membaca pada pembelajaran tematik siswa kelas 1 di SDN Grobogan 02, Jiwan, Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, serta dilaksanakan di SDN Grobogan 02, Jiwan, Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menumbuhkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran tematik kelas 1 di SDN Grobogan 02 (1) guru sebagai pembimbing melakukan bimbingan kepada siswa menggunakan media kartu kata dan bimbingan berupa pengembangan diri, melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan cara guru memberikan tantangan pada siswa untuk membaca teks di depan kelas, memaknai kegiatan belajar guru mengupayakan agar pembelajaran mudah dimengerti siswa dengan menggunakan media nyata, melakukan penilaian kepada siswa dengan cara meminta siswa untuk maju ke depan kelas membacakan teks bacaan yang tersedia di LKS, membimbing siswa yang kemampuan membacanya kurang dengan cara memberi perhatian khusus agar siswa duduk di depan guru, (2) guru sebagai fasilitator memberikan fasilitas sumber belajar berupa LKS, buku-buku yang tersedia di perpustakaan, buku-buku yang tersedia di pojok baca, video pembelajaran, gambar terkait materi pembelajaran dan benda konkret, memberikan fasilitas berupa program pembelajaran yaitu kegiatan literasi 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan pojok baca/sudut baca dan pengembangan diri setiap hari Sabtu, memberikan fasilitas agar siswa aktif dan minat dalam pembelajaran membaca menggunakan media audio visual, sebagai motivator guru memberikan motivasi berupa semangat kepada siswa, memberikan arahan kepada siswa dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:44
Last Modified: 20 Jun 2022 05:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19223

Actions (login required)

View Item View Item