Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Ponorogo)

Mustarsyidah, Zayyini Rusyda (2022) Manajemen Program Kelas Unggulan Untuk Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502200034_Zayyini Rusyda M_MPI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan madrasah yang semakin besar untuk memikat animo masyarakat terhadap madrasah dengan berbagai inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah penyelenggaraan program kelas unggulan yang menawarkan berbagai pilihan program kepada calon peserta didik sesuai dengan kecerdasan dan bakat yang dimiliki.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen pada penyelenggaraan program kelas unggulan di MTs Negeri 1 dan MTs Negeri 2 Ponorogo serta implikasinya terhadap peningkatan daya saing madrasah di tengah-tengah persaingan lembaga pendidikan saat ini.
Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa dalam penyelenggaraan program kelas unggulan menerapkan fungsi manajemen POAC (planning, organizing, actuating, dan controlling) atau perencanaan (tujuan, pengelola, kurikulum, tenaga pengajar, dan biaya), pengorganisasian (pembagian tugas dan struktur organisasi program, materi, penempatan siswa, sarana prasarana, dan biaya), pelaksanaan (pembelajaran dan kegiatan outdoor), pengawasan dan evaluasi (pengawasan dan evaluasi secara berkala dengan pelaporan program dan evaluasi pencapaian belajar siswa). Manajemen program kelas unggulan ini berimplikasi pada capaian prestasi kepala madrasah, reputasi madrasah, prestasi siswa di bidang akademik dan non-akademik, serta peningkatan animo masyarakat dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:42
Last Modified: 20 Jun 2022 05:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item