Penerapan Asas Fikir: Teori, Aksi, Kontemplasi di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Babadan Ponorogo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Santri

Maghfiroh, Ulfi Kholishotul (2022) Penerapan Asas Fikir: Teori, Aksi, Kontemplasi di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Babadan Ponorogo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Santri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180456_ULFI KHOLISHOTUL MAGHFIROH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maghfiroh, Ulfi Kholishotul. 2022. Penerapan Asas Fikir: Teori, Aksi, Kontemplasi di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Babadan Ponorogo untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Santri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Lia Amalia, M.Si..

Kata Kunci: Asas Fikir, Pondok Pesantren, Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis
Perkembangan zaman yang sudah semakin maju, pesantren harus berupaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan. Pondok Pesantren Mambaul Hikmah merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang memberikan kontribusi untuk mencetak generasi yang bisa berpikir secara logis dan kritis. Pembentukan berpikir menjadi hal yang pokok untuk dikembangkan. Hal ini harus terjadi karena perkembangan zaman yang semakin pesat sehingga santri dapat membedakan dalam segala ranah yang benar. Upaya pembentukan berpikir santri Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Babadan Ponorogo dilakukan dengan pedoman Asas Fikir yang berisikan Teori, Aksi, Kontemplasi.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan berfikir logis santri menggunakan asas fikir: teori, aksi, kontemplasi di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Ponorogo. (2) Untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan berfikir kritis santri menggunakan asas fikir: teori, aksi, kontemplasi di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Ponorogo.
Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kualitatif serta dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Babadan Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumetasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Milles dan Hubermen yang berisikan: reduksi data,display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Cara meningkatkan berpikir logis santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah menggunakan asas fikir dilatih dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat berpikir logis. Berikut kegiatan yang menunjang terbentuknya kemampuan berpikir logis santri: diskusi, pelaksanaan ngaji kitab kuning, rapat dalam sebuah acara. Adapun indikator penerapan asas fikir dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis santri sudah terpenuhi. Indikator yang menjadi pedoman sebagai berikut: pengertian, keputusan, penalaran. (2) Cara meningkatkan berpikir kritis santri di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah menggunakan asas fikir dilatih dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat berpikir kritis. Adapun kegiatan yang menunjang berpikir kritis santri yaitu: EPIs, outbound, membuat narasi, dan menciptakan sebuah karya puisi. Berikut indikator yang menjadi acuan: Memberikan Penjelasan yang Sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, menjelaskan lebih lanjut, mengatur strategi dan teknik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:31
Last Modified: 20 Jun 2022 05:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19213

Actions (login required)

View Item View Item