Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Terintegrasi Materi Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SDN 1 Nglumpang

Wijayanto, Muhammad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Buletin Terintegrasi Materi Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SDN 1 Nglumpang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180201_MUHAMMAD WIJAYANTO_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 1 Nglumpang pada peserta didik kelas 4 diketahui bahwa, dalam proses pembelajaran guru lebih terbiasa menggunakan LKS dan buku paket. Buku tersebut kurang memberikan daya tarik peserta didik untuk belajar karena memiliki uraian baca yang panjang sehingga berpengaruh pada menurunnya hasil belajar. Maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang mampu memberikan daya tarik peserta didik untuk belajar dengan uraian singkat dan jelas sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya yaitu media buletin.
Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan media buletin, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media buletin yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 1 Nglumpang.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research and Development dengan melakukan langkah dari model pengembangan ADDIE. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas 4 sejumlah 13 anak. Aspek yang divalidasi oleh validator yaitu aspek konten dan aspek desain media. Kepraktisan buletin diketahui dengan memberikan angket respon kepada peserta didik. Efektivitas buletin diketahui dengan memberikan tes kepada peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik mixed methode.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) proses pengembangan media buletin dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. 2) media buletin dinyatakan sangat valid ditunjukkan dari hasil validitas koten dan desain media yang mendapat rata-rata persentase sebesar 85%. 3) media buletin dinyatakan sangat praktis ditunjukkan dari hasil respon positif peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 96% yang termasuk pada kategori sangat baik. 4) media buletin dinyatakan cukup efektif ditunjukkan dari hasil uji N-Gain sebesar 0,5, sementara itu jika dilihat dari ketuntasan belajar, 100% peserta didik telah mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buletin telah teruji valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanin Niswatul Fauziah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Jun 2022 05:30
Last Modified: 20 Jun 2022 05:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19211

Actions (login required)

View Item View Item